Bandara punya Cerita

Bandara selalu punya cerita tersendiri buat gw. Entah cerita dimana gw harus lari-lari di airport karena nyaris telat check-in sampai gw yang sok-sokan bergaya eksmud biar terkesan lebih elegan dan terlihat lebih ‘serius’ sehingga setara dengan eksmud lainnya ketika lagi menunggu boarding di lounge salah satu maskapai terbaik di Indonesia.

Dulu ketika gw masih kecil, gw selalu melihat bandara dengan tatapan Wow! Gw selalu mengganggapnya sama dengan pintu ajaib doraemon. Once you get there you’ll find another amazing place after that. Dan setelahnya gw selalu melambaikan tangan dengan semangat ke arah pesawat, mengirimkan ‘mimpi’ untuk pergi ke tempat penumpang-penumpang pesawat tersebut menuju.

Ketika gw akhirnya kerja di perusahaan biskuit, gw ditempatkan di divisi marketing yang ngebuat gw beberapa kali harus terbang ke beberapa kota di Indonesia. Senangnya bukan main ketika akhirnya Mbak Bos mengajak gw pergi ke Medan untuk monitor event. Akhirnya naik pesawat lagi! Dan setelah itu, gw cukup sering pergi keluar kota sendirian, dan rasanya… kayak orang penting. Pagi-pagi sampai bandara sambil gerek koper kecil dan kemudian duduk di ruang tunggu bareng orang-orang berblazer. Dan ketika gw melihat pakaian gw yang biasanya cuman kaos dan jeans, dan yasudahlah dari segi pakaian gw udah kalah, tinggal gaya aja sok eksmud biar disangka orang penting, bukan anak kecil nyasar di bandara.

Bandara juga pernah jadi tempat gw nangis kejer, sebenarnya kejadiannya di bus bandara ketika menuju bandara. Dan itu bukan terjadi di hari perpisahan gw dan Jakarta ketika gw akan berangkat ke Italy, tapi terjadi tanggal 18 February 2011, ketika sahabat gw, Niken, pindah kerja ke Singapore.

Hari itu, gw ‘berusaha’ sekuat dan secerdas mungkin agar bisa keluar dari kantor jam 15.30 sore dan langsung segera menuju bus bandara di Bekasi, karena Niken akan terbang di pukul 19.00. Gw sadar sesadar-sadarnya kalau hari jumat adalah hari paling macet se-Jakarta dan Bekasi. Dan benar aja, stuck! Sekitar pukul lima sore Niken dan gw mulai panik di BBM (Blackberry Messenger), “Nya, lo dimana? gw udah nyampe bandara..”

“Iya Ken, dikit lagi.. kayaknya.. gw ga tau ini udah dimana..” balas gw.

Akhirnya di jam enam sore Niken bilang, “Nya, gw harus check in..” dan gw menghela napas, antara sedih dan kesal. Bukan kesal dengan Niken, tapi kesal dengan kondisi lalu lintas Jakarta yang menghalangi gw untuk dadah-dadahan dengan sahabat gw yang sudah selama 5 taun terakhir ini selalu bareng gw.

Jadilah Niken langsung nelpon gw, yang entah kenapa pas gw angkat teleponnya gw langsung nangis, “Ken.. harus masuk sekarang ya?”

“Nyanya, jangan nangis.. aku sedih jadinya.. iya harus masuk, kan harus check in. Lo masih jauh ya?”

“Udah keliatan sih gerbang bandaranya tapi didepannya stuck lagi..” jawab gw sambil berusaha ngapus air mata dan air hidung (hahaha) diiringi backsound uni-uni disamping gw yang daritadi sibuk teleponan dengan pacarnya dengan pake bahasa Padang manja.

Setelah Niken ngebujug-bujug gw untuk berhenti nangis, yang klo gw pikir-pikir sekarang kok ya gw bisa-bisanya nangis kejer gitu pisah sama dia buat ke Singapore doang ya, gw tutup teleponnya dan masih lanjut nangis sesenggukan di bus.

Ibu-ibu yang duduk di bangku seberang nyolek bahu gw, “Aduh, sabar ya Dek, pesawatnya udah berangkat ya?” Gw ngangguk sambil (tetap) sesenggukan.
Ibu: Ditinggal pacarnya ya?
Gw: Bukan, sahabat, Bu..
Ibu: Oh, cowok ya?
Gw: Cewek, Bu..
Ibu: (mulai ngeliat gw dengan tatapan aneh) Jauh banget ya perginya?
Gw: Ke Singapore..
Ibu: (terdiam dan mengerjap beberapa kali ke gw) Dek, tenang aja, Singapore kan deket, tiketnya juga banyak yang murah..
Gw: Iya sih Bu. Bulan depan saya juga kesana.
Dan akhirnya Ibunya cuman bisa mempukpuk gw tanpa ngomong apa-apa lagi.

Cerita lainnya gw di bandara adalah perpisahan keluarga dan sahabat ketika gw akhirnya berangkat ke Italy. Semua berlangsung lancar, tanpa air mata karena sudah gw tahan abis-abisan selama di mobil, lagipula mana bisa gw mendadak nangis kalau ngeliat kelakuan Rifky, sahabat gw yang juga berangkat ke Italy bareng yang panik karena kelebihan bagasi seberat 23 kg. Tapi begitu akhirnya tiba saat harus check in dan memeluk Mama, tumpahlah tangis itu. Tapi cuman 5 menit kayaknya karena Rifky masih ngiter-ngiter dibelakang gw bingung sama kelebihan bebannya. Hahaha.

Cerita bandara di Eropa buat gw lebih banyak dikuasai oleh rasa excited menuju negara baru, tempat baru, dan deg-degan karena gw selalu naik R*anAir, maskapai murah di Eropa yang pilotnya mungkin mantan metromini Jakarta yang hobinya nabrak awan sehingga ngebuat pesawat oleng ke kanan dan kiri.

Dan inilah cerita gw di bandara Eindhoven tanggal 20 September kemarin ketika gw akan kembali ke Italy setelah ‘lulus’ sebagai au pair di Belanda selama 2,5 bulan kebelakang. Sebelum gw berangkat ke Bandara, gw ngerasa ga enak badan, sehingga gw minum parasetamol dari keluarga au pair gw dan ajaibnya setelah itu gw ngerasa lebih ‘enteng’. Tapi sejam kemudian kelopak mata gw bengkak, tapi ketika gw di kereta menuju bandara gw ngerasa bengkaknya sudah reda. Jadilah ketika di bandara gw mulai pede lagi keliling-keliling bandara dengan muka sumringah. Ketika gw ngantri toilet, gak sengaja gw ngeliat mbak-mbak berjilbab dengan muka besar dan mata sipit. Kita berpandang-pandangan selama beberapa detik. Sampai akhirnya gw sadar, “itu gw??? Kenapa muka gw???” Ternyata efek parasetamolnya ngebuat mata, pipi, dan hidung, dan dagu gw bengkak. Yasudahlah, untung gw gak ketemu siapapun yang kenal sama gw, karena mungkin mereka akan ketawa, bukannya kasian.

Setiap bandara punya masing-masing cerita bagi gw, entah sedih, senang, sok keren, deg-degan, ataupun ngos-ngosan. Dan gw sangat tidak sabar menunggu cerita bandara di tahun depan, ketika (insya Allah) Niken dan Maul mengunjungi gw ke Italy, dan pastinya cerita di bandara Soekarno-Hatta ketika pada akhirnya gw kembali ke Indonesia.

19 thoughts on “Bandara punya Cerita

  1. pantesan kayak pernah baca tulisan dgn judul yg sama..tnyata oh tnyata πŸ˜€ πŸ˜€ ikutan nulis pengalaman aneh2 di bandara ah *sambil mikir..judul yg sama juga? πŸ˜€ πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *