Aku dan Kamu

“Good friends are gifts while best friends are our un-blood siblings.”

Kadang gw sering ditanya, “Lo gimana pas ketemu gw?”
Sekarang sebelum (dan sesudah sering banget) ditanya kayak gitu, gw mau cerita beberapa ‘pertama kali’ gw dengan beberapa orang.
Ini cuma cerita tentang ‘aku dan kamu’ dengan beberapa orang dari banyak orang yang selalu buat gw pingin nyanyi,
“Keep smiling, keep shining. Knowing you can always count on me, for sure. That’s what friends are foooooor!”

Kamu 1
Gw ketemu lo bertaun-taun yang lalu. Sampai ketika gw memutar balik si memori itu, gambarnya hitam-putih saking jadulnya. Gw waktu itu cuman anak SD dengan rambut ngebob yang sangat bangga dengan poni belah tengah gw.
Prinsip gw jaman dulu, “semakin berjambul si poni belah tengah, semakin gw terlihat keren.”
Wallahualam orang-orang ngeliat gw keren atau ga.
Di kelas 6 gw pertama kali ngeliat lo, manusia berkepang 2, berkacamata bundar, yang selalu terlihat bahagia.
Dan suatu hari di hari Sabtu di pelajaran kesenian, lo dateng ke meja gw dan kita ngobrol banyak hal. Sejak hari itu, ngobrol di pelajaran kesenian jadi ritual kita.
Lo adalah salah satu perempuan terkuat, tersabar, dan terkeras kepala yang pernah gw kenal dan salah satu sahabat yang selalu Mama bilang, “temen Nyanya yang itu manis ya, sopan banget.”
Hey, lo selalu berhasil membantu orang lain untuk ‘berdiri’, sekarang saatnya lo ngebantu diri lo untuk berdiri bahkan berlari.

Kamu 2
Di akhir tahun 2006, ketika orang-orang ikutan les menjahit atau les bahasa, gw memutuskan untuk les jadi penyiar radio. Dan disanalah gw ngeliat lo, duduk diantara temen-temen kita lainnya yang gw anggap gaul. Entah kenapa gw selalu mengelompokkan orang-orang dalam kelompok gaul dan biasa aja. Hahaha.
Beberapa bulan kemudian, seperti yang udah gw tebak, kita jadi temen yang biasa aja. Gak akrab, walaupun seradio dan sejurusan di kampus, tapi juga gak jauh. Dan di suatu siang yang terik di Jatinangor, lo tiba-tiba bilang,
“Nya, gw ikutan tes bahasa Inggris ya bareng lo.”
Jadi waktu itu gw dan satu sahabat gw akan berangkat ke Bandung untuk tes masuk les bahasa Inggris.
Yang belum tau Jatinangor, Jatinangor itu di Sumedang, alias 2 jam dari Bandung.
Dan gw ngerasa keren karena les bahasa Inggris aja harus keluar kota.
Dan di bus menuju Bandung itu lah pertama kali kita berdua bener-bener ngobrol.
Beberapa bulan kemudian,
“Nya, kenapa kita baru sahabatan sekarang ya? Kenapa gak dari dulu?”
I can say she’s my person. And she will always be my person.

Kamu 3
Dulu gw sering banget kesel sama lo. Lo itu gak pernah dengerin orang yang lagi ngomong, cuek, gak pedulian. Dan entah kenapa kita masih aja sekelompok disetiap tugas kelompok. Mungkin karna dimata lo gw adalah mahasiswa yang cerdas, ya gak? hahaha.
Dan suatu hari lo tiba-tiba nyamperin gw dengan muka serius, “Nya, cariin gw cewek.”
Gw pun cuma mengerjap bingung.
“Gimana?”
“Okeh, tapi lo jangan terlalu cuek dan ngeselin.”
“Deal!”
Dan gwpun iseng ngejodohin dia dengan perempuan radio yang waktu itu cuman temen baik gw, yang tanpa gw sangka malah ngebuat kita bertiga semakin deket.
Lo sekarang adalah ‘buddy’ gw yang kadang selalu neror gw dengan pertanyaan, “jadi lo sebenernya lagi gimana nih, Nya? Sama gw doang, santai lah, gak perlu ditutup-tutupin kalo cerita.”
Yeah, glad I found you, boy!

Kamu 4
Waktu itu kita duduk di ruangan meeting di hari-hari pertama diterima sebagai MT (Management Trainee) di salah satu perusahaan biskuit di Bekasi. Temen-temen yang lain sibuk becanda dan gw sibuk memperhatikan orang lain seperti biasa. Lo waktu itu sibuk sama hape erick*on lo sambil sesekali nanggepin becandaan temen-temen dengan seadanya.
Dan gw mikir, “yah, jutek amat ni orang.”
Gwpun akhirnya pergi ke toilet sendirian dan ketika lagi cuci tangan, lo tiba-tiba muncul dari salah satu bilik. Gwpun sebagai temen yang baik hati dan gak sombong memulai pembicaraan dengan topik yang umum, “lulus darimana? Dulu kerja dimana?”
Yang ternyata lo tanggepin dengan baik.
Empat bulan kemudian, kita udah jadi pee-buddy alias temen ke toilet bareng. Kapanpun kita ngerasa pingin ke toilet atau sekedar pingin refreshing, kita janjian ketemu di toilet buat ngobrol.
Oiya, klo lo udah ngerasa bener-bener cape sekarang ini, ayo dong buat perubahan. Lakukan sesuatu biar hidup lo berwarna lagi.

Kamu 5
Waktu itu udah tengah malem di bandara Qatar. Gw duduk 2 bangku disamping lo dan kita mulai kenalan.
“Gw mau stay di Roma dulu beberapa hari.. mau jalan-jalan bla bla bla..” dan gw langsung ngerasa lo adalah anak yang enak buat diajak ngobrol.
Beberapa bulan berjalan di Rende dan entah kenapa kita jadi sering cerita dan nonton film bareng. Lo adalah tipe orang yang cuek tapi perhatian.  Lo bukan orang yang selalu nanya kabar gw. Rada buat gw surprise karna lo ternyata inget dan tau detail hidup gw. Lo gak pernah mau terlalu ikut campur sama drama hidup gw yang kadang mirip sama episode FTV, tapi disaat genting lo pasti akan datang tiba-tiba dan berpetuah macem-macem, kemudian bilang,
“gw gak pernah mau lo sedih Nyil, inget ya..”

Kamu 6
Mbak-mbak ini adalah salah satu jenis Mbak yang ngebuat gw ciut pas pertama kali kita kenal. Mukanya percampuran Indonesia, Arab, Latin, alias gak jelas. Dia jutek, kalo ngomong singkat, dan dia adalah senior gw di kampus ini. Pertama kali kita kenal, gw ngerasa kita gak akan bisa deket. Diawal-awal gw kenal lo, gw selalu jaim dan hati-hati kalau ngomong. Terus terang aja gw takut lo mendadak nyakar gw. Hahaha.
Tapi beberapa bulan berlalu (tsaaah!) dan entah kenapa kita mendadak deket. Bahkan lo sekarang jadi my pray-buddy, sahabat yang selalu mengingatkan gw untuk rajin berdoa.
Untuk kamu yang sekarang sedang banyak diajak ‘bercanda’ sama Allah, kamu pasti bisa ya ngelewatin semua ini. Bismillah.

Kamu 7
“Maaf ya, gw itu terkenal! Hahaha!’
“Halah! Seterkenal-kenalnya lo tetep aja lo yang ngeadd gw di FB.”
“Gak sengaja itu.”
“Mana ada gak sengaja nge-add tapi abis itu nge-wall?”
Gw dan lo kenal di FB dan gw pikir itu adalah hal yang cheesy dan anak muda jaman sekarang banget. Pertama kali kita ngobrol panjang lebar, dimana gw dan lo sama-sama sok asik waktu itu, gw ngerasa lo adalah orang yang enak diajak ngobrol dan sama randomnya kayak gw. Dan bener. Kita bisa ngobrol sejam atau dua jam dengan lebih dari 10 topik dan semuanya gak nyambung, loncat dari sana kesini. Cuma perlu waktu singkat untuk ngerasa nyambung sama lo dan kayaknya juga begitu buat lo, gak perlu waktu lama untuk gak sok asik lagi dan mulai jadi diri sendiri, dimana akhirnya kadang kita sering debat gak penting dan kata-kataan nyeleneh.
Baiklah, selamat menjalani petualangan baru dan hope we can meet someday in somewhere again.

Mereka ini adalah beberapa orang dari banyak lagi orang yang ngebuat gw sering mengucapkan, “ya Allah alhamdulillah telah mempertemukan aku dengan mereka.”

Night!

 

 

2 thoughts on “Aku dan Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *