Ciye yang lagi ujian!

Rende, 5 Februari 2013. 21:34 CET

Bulan Januari – Maret selalu jadi bulan yang mengerikan bagi mahasiswa-mahasiswa diseluruh penjuru dunia: bulan ujian. Perpustakaan mendadak sangat penuh, topik obrolan selalu diawali dengan, “lo ujian ada berapa semester ini?” atau “kapan ujian?”, dan kalaupun kita lagi ngumpul biasanya kita bawa bahan-bahan ujian biar gak kerasa berdosa karna gak belajar.

Ujian di jurusan gw rata-rata pake sistem orale (ujian lisan) dan jarang banget ujian tertulis. Sekalinya ada ujian tertulis, pasti setelah itu ada ujian orale-nya, jadi ujiannya double. Dan gw sebenernya sangaaaaat gak suka sama ujian lisan. Karena gw adalah tipe mahasiswa yang setiap awal ujian pasti ngehang, selalu ada jeda 2-3 menit buat mencerna pertanyaan ujian.

Kalo ujiannya tertulis, biasanya di 5 menit awal gw cuman melototin soal, ngeliat semua soal sambil garuk-garuk kepala, main-mainin pulpen, monyong-monyongin bibir sampe si otak mulai panas. Nah begitu juga setiap ujian lisan. Walaupun ngehangnya gak sampe 5 menit (malu juga kalo diem-dieman sama dosen sampe 5 menit, udah kayak lagi musuhan haha), tapi biasanya selalu gini disetiap awal ujian lisan gw:

Dosen: Okay Isyana, please explain me about bla bla bla…
Gw: *nelen ludah*pasang senyum manis*excuse me, did you mean bla bla bla?
Dosen: yes.. the thing that I were bla bla bla
Gw: *mengangguk sok paham dan ngerti* ah okay.. *lalu hening panjang*
Dosen: Yes? *mulai melotot*
Gw: Okay, so bla bla bla *baru akhirnya bisa tune in sama pertanyaan ujian*

Dan juga ya, deg-degan sebelum ujian lisan itu emang lebay banget. Karena selain ngehangnya gw ditiap awal ujian, ujiannya itu dilakuin didepan temen-temen sekelas, bukan one on one sama si dosen. Pengumuman lulus gak lulusnya ujian kita beserta nilainya juga dikasih tau didepan temen-temen, makin ciutlah gw.

Tapi buat temen-temen Italy gw, metode ujian lisan adalah yang terbaik buat mereka, karena mereka suka banget ngomong. Entah apalah yang mereka obrolin ke dosen setiap ujian, karna tiap satu pertanyaan jawaban mereka bisa sampe 10 menit lebih. Β Nah di ujian tertulis, temen-temen Italia gw juga gak kalah hebohnya. Kalo gw cuman ngabisin 3 halaman kertas folio, mereka bisa ngabisin 8 halaman folio. Curiga mereka iseng curhat di kertas itu. Hahaha

Tapi sebenernya dari banyak kenangan saat ujian, yang paling gw inget adalah ujian Geografi pas gw kelas 1 SMP.

Waktu itu hari Jumat dan untuk mempersiapkan diri ngadepin ujian Geografi, gw mati-matian ngapalin letak geografi Indonesia, musimnya, dan lain-lainnya. Gw ngerasa siap. Akhirnya tibalah saat ujian esay 5 soal itu dan gw mendadak gak ngerti apa-apa. JRENG!
Setelah ujian, kertas ujian dikumpulkan dan disebar lagi ke temen-temen sekelas untuk diperiksa. Lalu guru Geografi gw mulai manggilin nama anak-anak satupersatu untuk mendata nilai kami.

Guru: Rani.
Temen yang mengecek ujian Rani: 90, Bu!
Guru: Tofik.
Temen yang mengecek ujian Tofik: 85, Bu!
Guru: Isyana.
*kelas sunyi senyap*
Guru: Isyana?
Gw: *celingukan deg-degan*
Guru: Masa’ gak ada yang meriksa ujiannya Isyana?
Temen: *nunjuk tangan takut-takut* saya, Bu..
Guru: Berapa nilainya?
Temen: *suaranya kecil takut-takut* nol, Bu..
Guru: Berapa?
Temen: NOL, Bu!

Sejak saat itu sampai SMA nilai Geografi gw selalu menantang bahaya. Dan gwpun sekarang gak ngerasa aneh kalo sering nyasar pas jalan kemana-kemana. Membaca petapun aku tak mampu, Kakaaaa….

Baiklah, wish me luck, Guys, I still have 3 exams to be passed this month :)

24 thoughts on “Ciye yang lagi ujian!

  1. hwuahahah..klo nyasar sih sejauh ini gw masih expert nya…di Bonn aja masih nyasar πŸ˜€ , di kelas geography pernah ketangkap tangan lg chat (pke surat2an gitu) sama tmn hahaha..

    Semangat ujiannya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *