Salju di Rende :)

Selasa, 12 Februari 2013.

Gw selalu suka salju, sebagaimana gw suka sama hujan.
Salju dan hujan sama-sama, menurut gw, romantis dan menenangkan.

Akhirnya di tanggal 10 Februari kemarin, Rende kedapetan jatah salju.
Setelah berbulan-bulan ngarep dan sebel karna di kasih harepan palsu terus sama web ramalan cuaca, hari bersalju-putih-cantik itu datang juga.

Jadi bagi yang ga tau dimanakah Rende itu, mari gw sedikit ceritain.
Rende adalah kota kecil yang ada di provinsi Calabria, Italy Selatan.
Kalau liat peta dibawah, kota tempat gw tinggal ada di deket-deket titik Calabria dan udah lumayan deket sama Sicily yang terkenal sama kota mafianya, yang berarti juga deket sama benua Afrika.

Rende ada di Calabria

Maka dari itulah summer kita bisa mencapai 40 derajat celcius lebih dan winternya ga lebih dari -10 derajat celcius.
Tapi alhamdulillahnya, salju selalu ada di Rende setiap tahun walaupun frekuensinya ga sesering Roma atau Milan, atau negara-negara Eropa lainnya.

Nah di tahun ini, saljunya lumayan deras dan akhirnya kita bisa main PERANG SALJU!!!

Jadi di hari Minggu pagi kemarin awalnya salju turun lumayan deras selama sejam tapi berhenti mendadak. Gw dan dua temen gw yang memang heboh banget sama salju langsung manyun dan berdoa lagi minta salju karena kita waktu itu belum sempet foto-foto, buat boneka  salju, apalagi perang salju heboh.
Dan alhamdulillah doa kami terkabul. Sekitar jam 1 siang salju turun lagi dan lebih deras. Sembari nunggu salju semakin tebal, gw berusaha baca-baca bahan tesis. Tapi ga konsen! Hahaha. Gw buka jendela gw lebar-lebar dan gw pun sibuk mengagumi cantiknya butiran putih yang turun dari langit. Dan biar lebih kayak di film-film yang biasanya banyak orang yang nikmatin salju dengan secangkir coklat panas, gw buka kulkas gw dan gw ambil es krim coklat. Keputusan yang kurang cerdas sih sebenernya karna setelah itu gw bersin-bersin.

Jam 3 sore gw dan Henny-pun pergi ke apartemennya Emon, anak Indonesia lainnya yang sama aja noraknya tiap ngeliat salju. Dan mulailah sesi foto-foto heboh sama salju. Dan tiba-tiba, “Buk!”, temen Sudan kita mulai ngelemparin kita pake salju. Wah yaudah, berarti perang salju dimulai!

Dan akhirnya kita bertiga terjebak di perang salju temen-temen berbahasa Arab yang tenaganya berlipet-lipet lebih kuat dari kita. Kita bertiga dipojokin, diserang, dilemparin, dan Henny ‘disuapin’ salju sama salah satu temen Sudan. Hahaha.

Tahun lalu, salju pertama musim winter juga turun di Rende di tanggal 10 Februari. Dan waktu itu, kami, anak-anak Indonesia khusyuk ngebuat Udin, manusia salju Indonesia. Setelah sejam lebih ngeruk-ngeruk salju, tiba-tiba terdengar suara huru-hara dan teriak dari lapangan bawah. Ada banyak orang-orang lari dan bola salju berterbangan. Ternyata geng Spanyol dan Tunisia ‘nyerang’ semua manusia salju buatan tim berbagai negara. Anak-anak Indonesia panik, “gimana ini caranya ngelindungin si Udin??”

Sambil ngebuat peralatan perang alias bola salju, kita was-was ngeliat tim China yang udah dikalahin sama tim Spanyol + Tunisia.

“Eh, anak-anak China kalah! Bentar lagi mereka nyerang kita ini!!!”

Dan bener aja, tiba-tiba para penyerang bar-bar itu muncul dan langsung nyerang kita membabi-buta. Alhasil ga sampe 5 menit si Udin hancur dan anak-anak Indonesia kabur entah kemana. Hahaha.

Begitulah cerita salju di Rende yang selalu ngebuat gw mendadak olah raga karna harus lari-lari buat ngindarin bola salju.

Semoga salju masih mau turun di Rende di bulan Februari ini karena kemungkinan besar(dan gw harap), bulan ini adalah bulan bersalju terakhir gw di Rende sebagai mahasiswi.

But I’m sure we will meet again, dear snow, someday in somewhere but not as a student :)

4 thoughts on “Salju di Rende :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *