Kista yang Nakal

Rende, 16 Juni 2013.

Pernah nonton film Test Pack yang diangkat dari novel karya Ninit Yunita? Film itu bercerita tentang sepasang suami istri yang saling menuduh satu sama lain ketika sang istri gak kunjung hamil. Dan saya cuman mau bilang kalau aktingnya Reza Rahardian keren di film itu. Hehe.

Anyway, masalah reproduksi memang sangat krusial, apalagi buat perempuan. Gak sedikit perempuan yang panik kalau haidnya gak teratur atau tiba-tiba mogok di jalan padahal dia belum menikah dan memang bukan pelaku seksual aktif. Saya salah satunya.

Dulu, di tahun 2009 ketika saya sedang menyelesaikan skripsi, mendadak haid saya tidak teratur, dan sempat selama beberapa bulan si H itu gak kunjung dateng. Saya panik, Mama juga ikutan panik. Akhirnya saya dan Mama berangkat ke ginekolog RS Pasar Rebo. Setelah saya di USG dan di’ketok-ketok’ perutnya sama Dokter, dia bilang semuanya baik-baik aja, gak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dokter: Kamu lagi ngelakuin suatu hal yang  buat stres gak?
Saya: Lagi ngerjain skripsi sih.
Dokter: Naaah, yaudah kamu gak teratur H-nya karna lagi skripsi. Makanya jangan stress-stress atuh, Neng, santai aja..

Hih. Dokter enak udah lulus kuliah, diterima di Fakultas Kedokteran lagi. Saya nyoba SPMB 2 kali di FK gagal terus.

Akhirnya saya disuruh mengonsumsi pil KB yang katanya bisa membereskan hormon yang berantakan. Akhirnya setelah beberapa kali minum pil-pil mini itu, si H datang. Dan bener kata Dokter, setelah saya akhirnya sidang si H langsung lancar jaya.

Setahun berlalu dan saya saat itu sudah bekerja di perusahaan biskuit, disitulah si H mendadak ngambeg lagi. Gak total berhenti tapi datengnya jarang-jarang. Akhirnya karena saya penasaran dan juga punya asuransi dari kantor, saya dateng ke ginekolog dan akhirnya di USG lagi. Pas lagi di USG itu, Bu Dokter mengangguk-ngangguk sambil ngeliat monitor USG. Saya deg-degan dong. Dia akhirnya ngeprint hasil USG.

Dokter: Kamu punya Kista..

APAAAAAH???

Saya: Oh gitu Dok. Terus gimana?
Dokter: Ya gak gimana-mana.. Kistanya ada di saluran sel telur makanya kamu susah haidnya. Kista kamu sekarang ukurannya 7,5 mm.
Saya: *panik tapi sok cool* itu sebabnya apa Dok? Sembuhnya gimana?
Dokter: Nasib aja kamu punya kista.. Jadi setiap perempuan memang punya kista ketika sel telurnya gak dibuahi. Ukuran kistanya gak lebih dari 4mm tapi akan mengecil dengan sendirinya. Kamu aja yang nasibnya kurang bagus karna kistanya malah membesar.

Etdah, si Dokter.

Dokter: Kita tunggu aja ya sampe 3 bulan kedepan bagaimana kista kamu. Kalau makin besar ya operasi.
Saya: gak ada cara lain Dok?
Dokter: Biasanya kista juga bisa luruh ketika perempuan melahirkan. Jadi kamu nikah aja..

Ya kira-kira aja Dok nyari suami buat nyembuhin kista.

Yasudah karna gak mau operasi, akhirnya saya cari-cari pengobatan alternatif dan alhamdulillah ketemu. Jadi pengobatan ini dijalanin sama dokter yang memang dia lebih mendalami pengobatan herbal setelah dia seminar ke Cina dan Belanda dan juga setelah tau betapa bagusnya efek obat-obatan herbal dibandingkan obat-obatan kimiawi.
Disitu saya disetrum. Hahaha.
Jadi perut saya ditusuk jarum akupuntur yang dihubungin ke mesin setrum. Aliran-aliran listriknya yang kemudian membuat si kista mengecil. Selain itu saya juga dikasih pil herbal dan beberapa pantangan, kayak: coklat, susu sapi, keju, gorengan, soda, makanan ber-MSG, dan fast-food. Hasilnya? Saya kurus. Horee! Dan kistanya alhamdulillah hilang dalam waktu dua bulan, si H akhirnya datang dengan lancar sampai bulan Januari 2013 kemarin.

Bulan-bulan pun berlalu tanpa si H dan saya makin panik. Akhirnya saya konsultasi ke dokter kampus dan dirujuk ke lab untuk USG. Selama perjalanan ke USG saya berdoa terus semoga gak ada kista karna biaya untuk nyembuhin kista memang cukup mahal dan saya sekarang cuma seorang mahasiswi rantau bersahaja yang harus nabung mati-matian kalo mau traveling.
Dan ternyata alhamdulillah hasilnya normal. Gak ada buletan kista di rahim ataupun bayi disana. Haha. Si Dokter bilang, mungkin saya stress karna tesis.

Serius ya, ini skripsi sama tesis kok ya bisa-bisanya buat sistem reproduksi saya ikutan stress.

Yasudah, bulan demi bulan berlalu, akhirnya kemarin lusa saya berhasil ngedapetin approval tesis dari profesor dan si tesis sekarang udah ada di fotokopian untuk proses penjilidan. Dan bener kata dokter, semua itu karna tesis, karna si H udah dateng. Alhamdulillah hore!

Jadi intinya temen-temen, sebisa mungkin jauhin makanan dan minuman yang tadi dokter saya sebutin. Dan juga kalau bisa jangan terlalu sering kepapar polusi udara, karna itu bisa jadi salah satu penyebab kista. Kalau kamu sekarang lagi kena kista, jangan langsung operasi dulu ya, karna posisi kista itu beragam, dan rada serem kalo ada di saluran ovarium dan kamu malah operasi. Jadi ya mending cari-cari pengobatan herbal dulu aja.

Okey, sampai jumpa tesis, selamat datang H yang teratur.

Oiya, kalo kamu pingin baca-baca tentang kista bisa disini:
http://pengobatankistaovarium.blogspot.it/2013/01/penyebab-dan-jenis-kista-ovarium.html

10 thoughts on “Kista yang Nakal

  1. amin ya Nya, akhirnya dpt ‘bonus’ tesis :) taun 2012 dokter aku juga enteng bgt bilang: “ya nasib kamu punya bakat nimbun lemak.” dia bilang gitu pas aku lagi mewek denger nasib ada tumor jinak namanya lipoma di pinggul kanan. bakat kok tumor?? akhirnya operasi deh.. tapi namanya punya bakat, yah bisa dateng lagi kapan2 klo ngga ngikutin pantang (tapi mensa yg makanannya gitu2 aja malah menghancurkan pantang ku T_T *terpesonaolehmaiale)

    • Sama makanan ber-MSG, ta (kalo di Indonesia).. Nyaris semua makanan jualan kan pake MSG. Huhu.

      Sent from my BlackBerry® wireless device from WIND

    • ahahaha.. aku udah gak jadi anak nakal tau mbak disini..
      In-sha Allah akhir september mbak deci.. aku tanggal 10 juli sidang.. doakan ya biar lancar..

    • Hai Mbak Nuke.. Nama Dokter aku Dokter Atun nomornya +628176003782 atau 02191146972. Tempat pengobatannya didaerah ujung aspal bekasi.. Semoga infonya membantu ya Mbak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *