Antara Sayang dan Benci

Rende, 20 Agustus 2013
0:38 CEST

Saya punya banyak sahabat dengan berbagai sifat yang aneh.
Kenapa aneh? Karena sahabat-sahabat saya gak ada yang normal atau kalem atau gak bisa ngebuat saya ketawa gak sampe keluar air mata.

Saya punya sahabat yang bakal ngomel-ngomel hebat kalo dia jadi orang terakhir yang tau kabar terbaru tentang saya, walaupun dia taunya cuman beda 2 menit dari sahabat-sahabat saya yang lain. Saya juga punya sahabat yang super higienis. Dulu pas jaman kuliah di Jatinangor setiap kita main ke kosannya, kita gak boleh duduk diatas kasurnya kalo pake celana jeans. Karna menurut dia celana jeans kumannya banyak. Masuk akal sih, soalnya saya biasanya nyuci celana jeans 2 minggu sekali. Itu juga kalo inget.

Ada lagi yang selalu jadi fashion police saya. Kalo saya pake jilbab bercorak padahal kemejanya juga ada gambar-gambarnya, dia pasti ngomel-ngomel. Hahaha. Dan ada juga yang cuek setengah mati tapi sebenernya perhatian, bela-belain nyetir nganterin saya ke rumah dari Bogor jam 6 pagi padahal dia rumahnya di Bogor dan saya di Pondok Gede (perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi. Tetep gak mau dibilang orang Bekasi).

Ada juga yang sensitif, bukannya suka ngomel-ngomel, tapi gampang terharu. Kalo saya iseng ngingetin dia masa-masa indah kita main bareng pas liburan sekolah atau kuliah dulu, dia pasti langsung berkaca-kaca. Atau ada yang selalu jadi orang yang idealis dan selalu pasrah nganterin saya kemana-mana naik motor. Dan ada juga yang bisa ngebuat saya jadi orang yang super pecicilan, yang akhir-akhir ini dia selalu nyuruh saya buat nonton film seri terbaru New Girl, “lo harus nonton itu Nya, kocak bener! Dan ceweknya super annoying kayak lo. Ntar pasti pas lo ngeliat ceweknya, lo bakal bilang ‘ih ih ih, gw banget!’”

Baru-baru ini saya ngabisin full 2 minggu (kecuali pas kita ke WC) sama orang yang ngatain saya super annoying itu, Niken. Kata Niken, hubungan saya dan dia itu dilandasi (halah!) sama rasa benci tapi sayang. Dia sering bilang, “Nya, tau gak, dalam bayangan gw ya sekarang gw lagi nyucuk mata lo pake garpu! Bisa gak ngomongnya biasa aja gak pake melotot?!” atau “Nya, gw mau tidur ya.. jangan digangguin.. sebentaaaar aja..” Dan beberapa detik kemudian saya nyenggol-nyenggol kakinya atau ngedorong-dorong bahunya sampe dia nutup muka, hela napas, dan geleng-geleng pasrah.

Kasian.

Saya gak sepecicilan itu kok biasanya, cuman sama Niken aja. Entah kenapa dia hebat banget bisa ngebuat sisi gak bisa diem saya bener-bener keluar dengan sempurna sampe dia bilang, “Nya, suami lo pasti hebat banget. Dia pasti orangnya sabaaaaaar banget. Dan gw tau kenapa lo belum ketemu dia, karena dia lagi ditempa abis-abisan sama Allah.”

Saya: Ahahaha! Mungkin dia sekarang lagi hiking tapi tiba-tiba turun hujan lebat plus halilintar dan badai. Trus dia teriak, “Ya Allah, kenapa ujianku sungguh berat???”
Niken: Iya.. karena dia bakal ketemu lo yang ujiannya lebih berat.

Makasih loh Niken atas kejujurannya.

Niken dan saya kadang sama, kadang bener-bener kebalikan. Saya lebih ke arah sifat umumnya perempuan, sedangkan Niken lebih ke arah sifat cowo. Dia gak bisa multitasking, dia kalo ngomong sering buat saya ngeringis sambil bilang, “mbok ya jangan to the point banget gitu..” Tapi ada kalanya dimana saya yang jadi lebih sadis daripada dia, atau kebalikannya, demi kita balik lagi ‘ke jalan yang benar’.

Nah selama 2 tahun LDRan ini biasanya kita so(k) sweet diujung-ujung ceting atau skype. Bener-bener kayak dua sahabat perempuan normal yang so sweet. Tapi begitu awal-awal ketemuan, tetot! Awkward!

Dulu pas bulan Maret 2011 saya ke Singapore buat ngunjungin dia yang udah sebulan pindah kerja kesana. Biasanya kalo dua sahabat perempuan ketemu normalnya ya pelukan atau cipika-cipiki ya. Tapi gak buat kita. Saya pas ngeliat dia di halte shuttle bus langsung teriak manggil nama dia dan lari-lari seneng ke dia, sedangkan Niken cuman senyum cool ngeliatin saya. Pas udah hadap-hadapan, kita bingung mau ngapain.

Niken: kita harus pelukan nih, Nya?
Saya: kalo orang-orang yang udah lama gak ketemu sih gitu, Ken.

Akhirnya kita pelukan kaku, padahal biasanya juga kita sering saling ndusel-ndusel.

Seminggu sebelum kita ketemuan buat eurotrip kemarin, kita seperti biasa ceting.
Niken: Nya, aku nervous. Hiiii. Hiiii!
Saya: kenapa?
Niken: sebentar lagi ketemu lo. Ih so sweet banget gak sih gw
Saya: hahahaha. Kita harus ngapain Ken pas ketemuan?? Akkk! Aku panik!!!
Niken: harusnya ngapain Nya?
Saya: peluk?
Niken: hiiii! Gak mau pelukan sama lo
Saya: cipika-cipiki?
Niken: hiii! Apa lagi! Udah ah, gw batalin aja eurotripnya
Saya: lah kok gitu sembarangan banget
Niken: daripada awkward ketemuannya

Dan akhirnya pas ketemuan di stasiun Zurich beneran dong awakward.

Pas sampe stasiun, saya ngeliat Niken lagi senderan di depan toko roti celingukan nyariin saya sambil megang hape. Saya ngendap-ngendap ke belakangnya dan saya kagetin. Si Niken pas ngeliat saya bukannya seneng gitu, tapi malah balik badan, tutup muka, ketawa ngakak, sambil jalan ngejauh. Saya juga ketawa ngakak sampe keluar air mata sambil nyolek-nyolek dia. Si Nikennya kabur sambil bilang, “jangan sentuh-sentuh!”

Begitu terus kejadiannya sampe 5 menit kemudian dan Dyah dateng. Dyah bingung ngeliat kelakuan kita.
Dyah: kalian ngapain sih?
Saya: Niken tuh gak mau pelukan
Niken: hiiii!
Dyah: ya ampun peluk doang. Sini Nya kita pelukan. *saya dan Dyah pelukan* Kayak gitu Ken. Gampang kan..

Saya ngerentangin tangan ke Niken dan Niken maju ke arah saya sambil (masih aja) ketawa dan jalan ala robot saking gak maunya. Hahahaha. Yasudah akhirnya gak ada prosesi pelukan atau cipika-cipiki unyu diantara kita.

Begitulah sekilas tentang saya dan Niken. Dia single loh btw. Lagi nyari calon suami yang bisa jadi imam keluarga dan punya level kesabaran yang super hahaha.

Bagaimanapun ajaibnya sahabat-sahabat saya, saya bersyukur banget bisa punya mereka. Mereka sebenernya bukan cuman sekedar temen bagi saya, tapi udah jadi keluarga kedua saya :)

6 thoughts on “Antara Sayang dan Benci

  1. Duuuh, aku jadi kangen temen-temenku juga deh. Kangen sama kegilaan kita 😆 😆 Emang sih tinggalnya gak jauh-jauhan, masih di kota yang sama, tapi abis baca postingan ini aku langsung kirim pesan ngajak ketemuan.

    Well, aku pikir kita semua pasti punya temen yang rada aneh yang juga bisa ‘merangsang’ sisi aneh tubuh kita keluar.
    Kalo sama semua, ntar gak bisa seru-seruan lagi dong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *