Tentang Usaha, Doa, dan Saya

Pondok Gede, 4 Januari 2014

Saya dibesarkan oleh orang tua yang keukeuh nerapin ajaran ‘kalau mau sesuatu ya usaha dulu,’ yang berarti ‘kalau mau hadiah ya banggain orang tua dulu.’ Simple tapi sulit.

Saya inget banget pas jaman SD dulu saya harus mati-matian belajar biar bisa dapet juara kelas baru akhirnya Mama dan Ayah mau ngebeliin saya kaset Britney Spears + Dewa + Linkin Park + buku Harry Potter + sepatu yang ada lampu di bagian tumitnya. Dua tahun kemudian saya dan adik saya diming-imingi AC oleh Ayah tapi ada syaratnya: saya dan Nikmal (adik saya) harus sama-sama juara kelas. Beuh. Mau gak keringetan di kamar aja usahanya harus gede.
Setahun kemudian keluar lagi ultimatum Ayah, “mau computer?”
Saya dan Nikmal langsung jawab, “tapi dapet rangking dulu ya…” lalu sama-sama manyun sambil masuk kamar masing-masing.

Selain usaha keras, orang tua saya juga mengajarkan untuk berdoa. Karena doa adalah senjata terbesar yang bisa kita miliki. Gak ada kan yang bisa nandingin kehendak Sang Maha Pencipta?

Dulu pas saya lagi heboh-hebohnya test kerja di perusahaan biskuit (yang harus ngelewatin 8 jenis test) dan pada akhirnya lulus, Ayah saya ngaku, “Ayah tadi shalat dhuha sampe nangis minta ke Allah biar Nyanya diterima kerja..”
Saya terdiam ngeliat Ayah lalu beringsut mendekat sambil mencium pipinya, “makasih ya Yah..”

Jadilah sekarang saya selalu percaya kalau saya ada suatu keinginan, saya harus berusaha keras dan berdoa yang banyak, maka in-sha Allah apa yang saya inginin akan tercapai.

Tapi kadang ada aja hal yang saya pinginin tapi usaha saya akan mentok disitu-situ saja. Kayak hal yang satu ini yang membuat saya merasa ditempeleng semalam.

Kita sebut saja keinginan saya ini sebagai ‘projek Mawar’ biar kesannya misterius.

Sejak beberapa bulan yang lalu saya dengan bodohnya tertarik dengan si projek Mawar dan hari demi hari si projek Mawar akhirnya jadi salah satu projek terbesar dalam hidup saya.

Apa saya berusaha untuk mendapatkan projek Mawar?
Iya, tapi cuman 1% karena berbagai macam keterbatasan dan gengsi.
Hahaha.

Apakah si projek Mawar masuk kedalam list doa saya?
Iya banget.

Segitunya saya pingin ngedapetin projek ini tapi segitunya pula saya gak tau bagaimana harus mulai usaha selanjutnya yang lebih sungguh-sungguh.

Sampai akhirnya semalem saya mikir, kayaknya akan sia-sia aja kalau doa tanpa usaha. Usaha sih ada tapi cuman 1%, sedangkan 99% saya serahin ke Allah. Akhirnya saya pasrah sepasrahnya. Sampai akhirnya tadi saya membaca satu paragraf di buku Tere Liye yang berjudul Amelia yang langsung ngebuat saya ngebaca ulang baik-baik setiap kata di buku itu sampai tiga kali.

“Dengarkan aku, Burlian, Pukat. Apakah doa bisa mengubah sesuatu? Apakah doa bisa terwujud menjadi sebuah bala bantuan tidak terbilang yang lang langsung dikirim dari langit? Maka jawabnya iya, Nak. Doa adalah benteng pertahanan terbaik. Doa juga sekaligus senjata terbaik bagi setiap muslim….”

Mungkin untuk sekarang dan sampai beberapa waktu kedepan si projek Mawar cuman bisa saya doakan. Mungkin lewat doa itu Allah akan membuka jalan agar saya bisa mengusahakan si projek itu. Dan mungkin pada akhirnya si projek itu akan bisa saya dapatkan.

In-sha Allah.

26 thoughts on “Tentang Usaha, Doa, dan Saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *