Mama (gak) Minta Pulsa

Pondok Gede, 24 Februari 2014

Sebelum saya balik ke Indonesia, saya ngeri mikirin gimana akan banyak orang yang nyinggung tentang anu dan anu. Dan bener aja, gak cuman orang tua, tapi sampe tetangga, bahkan supir kantor pun ikutan nyeramahin saya tentang “thing which must not be named”. Tapi yang paling kerasa hebohnya ya Mama saya yang memang dasarnya udah drama.

Pernah waktu itu saya baru aja seminggu sampe di Indonesia dan lagi nonton tv. Muncullah iklan yang di skenarionya ada sekeluarga bahagia tapi mendadak sang Bapak jadi lemas dan sakit. Ternyata itu iklan asuransi yang taglinenya, “penyakit bisa muncul karena beban pikiran Anda.”

Habis nonton iklan, saya samperinlah Mama yang lagi ada di dapur.
Saya: Mam, tuh kata iklan, penyakit tuh muncul karena beban pikiran.
Mama: *dengan ekspresi super drama* yaiyalah, Nya..
Saya: hah?
Mama: ….beban pikiran Mama bakal hilang pas Nyanya nikah… *sambil megang dada dramatis*
Saya: ………….

Setelah Mama dengan heboh nanya terus tentang calon dan segala macam turunannya, ikutan Ayah yang juga gak kalah drama. Dan akhirnya semakin kesini, karena jadinya saya semakin pusing dengernya, setiap Ayah saya berdehem dan memulai ceramah tentang anu, saya langsung ngeloyor pergi sambil bilang, “baiklah sampai jumpa semuanya, Nyanya mau masuk kamar. Assalammualaikum!”
Haha.

Dan ternyata topik anu bukan cuman ngehits di rumah saya, tapi juga di rumah temen-temen saya. Salah ngomong sedikit aja, misalkan gak sengaja ngomong tentang cowo atau kondangan, akan berujung ke ceramah yang tiada akhir tentang anu, “ke kondangan orang terus. Kapan buat kondangan sendiri?”
Ebuset.

Kemarin saya, Tity, dan Ibunya pergi ke Mayestik dan Pasar Baru untuk cari bahan tambahan untuk seragam nikahan Dhira, sahabat kita lainnya. Selama di perjalanan Tity ngelirik saya dengan tatapan awas-lo-jangan-sampe-buat-nyokap-gw-ceramah-panjang-lebar-tentang-anu. Tapi toh akhirnya entah kenapa kebahas juga dan ujung-ujungnya sang Tante mendoakan kita hal-hal baik agar segera terijabah.

Malemnya pas kita lagi sibuk-sibuknya makan ayam, sang Tante berdehem,
“Isyana, Ti, coba diinget ya, nanti ketika udah nikah jangan sampe pisah sama suami. Kalau suaminya kerja di Kalimantan atau Sulawesi atau malah Papua, pokoknya yang jauh dari Jakarta, ikut aja. Jangan malah kepikiran kerjaan kalian disini. Jangan mentang-mentang ni Tity Isyana karena kuliahnya udah bagus malah lebih milih kerjaan daripada ikut suami. Karena inti dari menikah adalah hidup susah senang bareng-bareng. Inget ya.”
Saya dan Tity: *ngangguk-ngangguk takzim*
Tante: Dan inget satu lagi nih pesen Tante, jangan mau jadi orang kedua. Karena walaupun misalkan pada akhirnya kita jadi orang pertama, toh gak ada jaminan kalau dia akan ngeduain kita sama perempuan lain kan. Karma itu ada.
Saya dan Tity: *mainin tulang ayam sambil ngeliatin Tante dengan serius*

Pada akhirnya, fenomena Mama minta pulsa memang jauuuuh lebih gak nyeremin dibanding Mama minta mantu. Tapi ada banyak hal lain yang harus dipikirin dan disiapin sebelum akhirnya kita menuju dan sedang menjalani anu, toh? Dan semoga aja saya, Tity, dan sahabat-sahabat saya yang lain nantinya gak cuma sukses ngasih Mama mantu tapi juga bisa jadi pasangan yang baik bagi masing-masing pasangan hidupnya.

Yuk mari aamiin massal πŸ˜€

34 thoughts on “Mama (gak) Minta Pulsa

  1. syukurnya liza udah melewati masa-masa itu nya, buktinya kemarin pas ke kondangan ngga ditanya lagi “kapan” tapi langsung ngenalin bang thunis ke orang-orang. ayo nyanya kapan kasih mama mantu kabooor

  2. “coba diinget ya, nanti ketika udah nikah jangan sampe pisah sama suami. Kalau suaminya kerja di Kalimantan atau Sulawesi atau malah Papua, pokoknya yang jauh dari Jakarta, ikut aja. Jangan malah kepikiran kerjaan kalian disini. Jangan mentang-mentang ni Tity Isyana karena kuliahnya udah bagus malah lebih milih kerjaan daripada ikut suami. Karena inti dari menikah adalah hidup susah senang bareng-bareng. Inget ya”
    waaa.. ini makjleb sekali..
    Salam kenal mbak, saya suka baca blognya.

  3. “ke kondangan orang terus. Kapan buat kondangan sendiri?” hihihi, bikin dunk Mam, masa harus punya mantu dulu baru undang2 kan bisa bikin selamatan apa gt … (aku ajarin ngeles Nya) hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *