"Kapan lulus? Mana Calonnya?? Kapan Nikah???"

Menurut gw kadang ketemu sodara pas lebaran adalah momen yang menegangkan karena pertanyaan mereka lebih susah daripada sidang skripsi dan selalu ada pertanyaan lain di tahun berikutnya.

Kayak misalkan pas gw duduk di bangku SMP kelas 3, ditanya, “Nyanya, ntar lulus SMP mau masuk SMA mana?” “SMA ini, Miwa.. (Miwa: tante).” “Itu unggulan ga? NEMnya harus berapa? Nyanya udah bimbel? Jangan main terus sama nonton telenovela terus Nya, harus fokus belajar bla bla bla.. apalagi jaman sekarang pergaulan makin bebas, anak SMP udah ngerokok, nyimeng, ngelem, mau jadi apa pula mereka.. bla bla bla bla..”
Dan gw cuman bisa ngangguk-ngangguk selama setengah jam kedepan.

Begitu akhirnya gw dikelas X, kebetulan waktu itu SMA gw termasuk dalam jajaran SMA ‘kelinci percobaan’, jadi di angkatan gw waktu itu kita mulai penjurusan di kelas XI. Dan begitu lebaran dan ketemu sodara-sodara, pertanyaannya mulai bercabang jadi masalah pacar, selain pertanyaan masalah sekolah yang ternyata cuman ‘kata-kata pembuka’
“Aduh, Inong (perempuan) ini udah gede ya.. Siapa pacarnya, Nak?” “Ga ada, Miwa.” (Kalaupun ada juga gw ga mau ngaku, ntar malah diceramahin karena masih SMA udah pacaran). “Ah masa belom punya.. Ada lah pasti, coba cerita ke Miwa..” “……………”

Dan biasanya Mama bantuin gw jawab dengan diplomatis, “Nyanya belum punya pacar umur segini, masih kecil. Nantilah pas udah kerja ya, Sayang?” “Lah, lama amat, Mam.” “Kuliah belajar dulu yang bener, lulus cum laude, dapet kerja yang bagus, baru punya pacar..” (Tapi pun pada akhirnya karena gw diem-diem aja selama kuliah ga pernah cerita tentang cowo ke Mama, Mama panik karna gw dianggap terlalu cuek sama cowo. Dan pada akhirnya pas gw diterima S2 di Italia, Mama bertitah, “1 bulan di Italy, udah punya pacar ya..” NAH!)

Ketika kuliah, pertanyaan mulai banyak, dari mulai “nanti mau kerja apa? Dimana?” Sampe ke pertanyaan yang buat gw panas dingin nyiapin jawaban pas lebaran tahun 2009, “Kapan lulus?”

Dan semenjak gw kerja, pertanyaan mulai sedikit ‘serius’, mengenai calon. (Ada tuh banyak calon, calon gubernur DKI!).Β “Calonnya udah ada belum? yaudah sama anak Tante aja mau ga?”

Gw sebenernya sedikit bersyukur lebaran jauh dari pertanyaan-pertanyaan itu, toh ketemu sodara juga palingan lewat FB, dan pertanyaan mereka juga sekitaran, “kapan pulang? Lebarannya di Indonesia ga, Nya?” Ada sih pertanyaan tentang calon yang diikutin sama ceramah panjang mengenai, “jangan lupa mulai serius cari suami, jangan sibuk sekolah terus, ntar ilmunya ketinggian nantinya banyak cowok yang minder.” “ya itulah Bang, klo sama cowo minderan, mana Nyanya mau.. Calon insya Allah nanti juga ada, yang jauh lebih baik dan hebat dari Nyanya.”

Kalau pertanyaan, “kapan pulang?”
Gw akan jawab, “Insya Allah tanggal 21 Februari 2014 Nyanya udah ada di Indonesia..”

12 thoughts on “"Kapan lulus? Mana Calonnya?? Kapan Nikah???"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *