Haarlem – Zaandam – Utrecht

Jadi hari ini gw jalan-jalan sendiri lagi dan seperti biasa gw keseringan nanya arah ke orang-orang karena gw ga suka baca peta (dan kalaupun baca peta gw ga akan paham, kecuali petanya super simpel. Yah sebenernya ‘kebutaan’ gw pada peta udah keliatan sih cikal bakalnya sejak adanya pelajaran Geografi di SMP, yang gw pernah dapet nilai paling rendah dari semua nilai yang ada. Dan kemudian pas SMA gw harus remed terus pelajaran itu sampe akhirnya nilai di rapot bisa diatas 76. Alhamdulillahnya gw ga masuk IPS, gw pasti ga lulus ujian akhir karna geografi).

Eniweeey, rencananya gw hari ini akan jalan ke Harleem – Zaandam – Utrecht – Amersfoort. Rencananya lagi gw akan mulai pagi-pagi biar sampe rumah ga terlalu malem. Nah kenapa gw langsung kebanyak kota dalam sehari? 1) karena gw pingin lumayan ngabisin Belanda sebelum balik ke Italy, dan 2) gw punya daagkart (karcis kereta seharian bebas kemana aja).

Tapi kenyataannya seperti biasa beda. Harusnya gw berangkat jam 8 pagi. Tapi ternyata gw baru bangun jam 7.15, dan gw males buru-buru siap-siap, jadilah gw berangkat dari rumah jam 9. Dan ternyata alhamdulillah banget begitu sampai depan gang rumah, busnya sampai, jadilah gw langsung naik sambil nyapa supir dan seorang ibu Belanda, dan duduk dengan manisnya sambil buka tas nyari henpon. Obrak-abrik tas, si henpon ga keliatan. Glek. Langsunglah gw turun di halte berikutnya. Karena sebagai kawula muda, pastilah gw akan mati gaya tanpa hape dan juga in case ada sesuatu hal yang penting gw bisa ngubungin orang tua au pair gw.

Karena hari ini hari Minggu, busnya cuma beroperasi sejam sekali, jadilah gw mulai naik bus ke stasiun kereta Hilversum jam 10 pagi. Nah, hari ini menurut kabar berita akan hujan. Emang hujan sih, tapi alhamdulillah, nyaris selama gw jalan-jalan hujannya berhenti, kalaupun ada cuman gerimis. Subhanallah ya..

Gw sampe di Haarlem sekitar jam 11 siang dan baguuuuuus. Jadi disana itu seperti biasa ada sungai dan (akhirnya) ada windmill. Gw juga suka sama warna rumah di Harleem yang warna-warni, bener-bener cantik. Gw sebelum berangkat jalan-jalan sendiri hari ini punya misi untuk ‘gw harus punya foto gw sendiri di setiap kota’, jadilah gw menyetop pasangan suami istri buat minta difoto.

Kemudian tujuan kedua lanjut ke Zaandam yang katanya disana ada semacam desa yang sangat Belanda lengkap dengan windmill (lagi!), dan kita juga bisa ngeliat pembuatan sepatu kayu dan keju. Pas gw sampe Zaandam, gw langsung jalan aja entah kemana tanpa nanya kesiapa-siapa. Dan ternyata gw nyampe ke pertokoan yang jalanannya lagi di renovasi dan nemuin banyak diskon. Hahaha.. Cewek + diskon = kalap.

Dan gw juga ketemu seliter susu coklat yang harganya cuman 0,59 Euro, rasanya pingin langsung sujud syukur didepan rak susu. Karena di Eropa, harga susu coklat itu super mahaaaal, 500 mL harganyabisa diatas 1 euro. Hyeh. Jadilah gw ga pernah temu kangen sama si susu coklat sejak gw nyampe Eropa.
Abis gw makan kebab (dimanapun negaranya, kebab pilihannya hahaha), lanjut gw cari-cari si desa. Tanpa nanya. Dan ternyata gw nyasar. Jreng! Dan gw nanya sama abang-abang kebab, dia bilang ga tau. Gw tanya ke mas-mas Belanda, dia bilang “jalan aja luruuus.” (tapi tetep ga ketemu). Nanya Ibu-ibu katanya naik bus aja. Akhirnya nanya ke temen gw, Rifki, yang baru kesana, “harusnya lo turun 2 stasiun abis Zaandam, Nya.” Kenapa ga bilang dari kemaren-maren deh.

Sampelah gw di Oud Zaandijk yang ada desa super Belanda. Jadi disana ada museum-museum, toko suvenir, dan tempat pembuatan keju dan sepatu kayu di dalam rumah. Cantik dan beneran desa karena ada bison dooong. Kayaknya bison, kalau bukan, mungkin itu domba sejenis bison. Hari Kamis sebelumnya gw ngobrol sama Rifki, katanya kalo ke Zaandam harus hati-hati. Gw langsung was-was, jangan-jangan banyak copet! “lo harus hati-hati Nya di Zaandam.” “Kenapa gitu?” “Banyak orang Indonesia yang teriak-teriakan foto disana bareng rombongannya. Malu gw.” Hahahaha.. Dan pas disana gw cuman ngeliat rombongan turis Jepang, tiba-tiba, “Pah! Sini Pah! Kita foto disini!” Iyah, si Ibu teriak-teriak manggil suaminya heboh bener. Hahahaha. Tapi kalo dipikir-pikir, gw juga norak kalo lagi jalan sama temen gw. Contohnya pas jalan ke Universal Studio Singapore sama sahabat gw, Niken. Kita cuma berdua tapi ngegunain feature timer si kamera dengan semaksimal mungkin. Kita foto mulai dari gaya turis nyasar, raja dan ratu melambai, perampok bank, dan gaya-gaya aneh lainnya yang selalu ngebuat gw ketawa sendiri kalo ngebuka album Singapore itu. Dan kemudian gw iri sama kehebohan si Ibu dan turis Jepang. Jalan sendirian enak, tapi bareng temen tetep akan lebih seru.

Kemudian gw meluncur ke Utrecht yang ternyata stasiunnya cukup rame dan gede kayak Amsterdam Centraal. Dan karena gw harus ngejar bus dari Hilversum ke Blaricum jam 20.53, jadilah kali ini gw ga sotoy main jalan aja, gw tanya langsung ke information center dimana tempat kota tua Utrecht. Iya, gw selalu suka kota tua, kastil, dan semacam itu, karena bagi gw sangat romantis. Dan pas gw buru-buru jalan keluar mall (yang gabung sama stasiun), ada Mas-mas lari-lari dibelakang gw manggil-manggil, “Misi, Mbaknyaaa!” (dia pake bahasa Inggris ngomongnya sebenernya). “Ya?” “Tadi saya ngeliat Mbak dari stasiun dan Mbak Muslim kan ya? Saya tertarik aja mau kenalan.” Hening. Gw langsung ngeliatin dia dari atas sampe bawah, takut dia preman atau penculik. Tapi yaudahlah, kalopun gw sok-sokan bilang gw sibuk, dia juga akan ngikutin sepertinya. Jadilah jalan-jalan di Utrecht ditemenin sama si Mas yang dari negara M (lokasinya di benua Afrika, coba tebak negara apa itu), lumayanlah ya ada yang bisa dimintain motoin. Dan dari pembicaraan Masnya gw paham sih dia menuju kearah mana, tapi alhamdulillahnya dia ga agresif.

By the way, Utrecht tipikal kotanya nyaris sama kayak amsterdam, ada dam, rumah-rumah dipinggir dam, dan menurut gw lebih bagusan Haarlem.

Setelah pisah sama dia sambil dia ngingetin gw untuk ngirimin fotonya ke email dia, gw pun buru-buru balik ke stasiun untuk ngejar kereta ke Hilversum.
Alhamdulillah sampai Blaricum jam 21.15 dan aku senang karena akhirnya hari ini gw ngabisin beberapa kota di Belanda lagi.
Pokoknya target gw sebelum pulang ke Italia adalah menyelesaikan semua urusan di Belanda, salah satunya jalan-jalan dan ada beberapa hal lainnya yang kayaknya akan ‘beres’ sebelum tanggal 20 September.

Okay, tot ziens! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *