Impian, Cita-cita, dan Board of Wishes

Blaricum, Sabtu 1 September 2012.

Diawal bulan gw biasanya membuat list apa aja yang gw pingin capai dalam sebulan itu, dan juga kadang gw nanya ke sahabat gw, Rika, apa aja yang akan dia pingin capai untuk bulan baru ini. Untuk bulan September kali ini gw cuma pingin 2 hal:
1. Dapet beasiswa uang saku. Ya Allah, semoga dapet. Amin. Jadi selama ini gw cuma punya beasiswa yang mengcover tempat tinggal dan makan sehari 2 kali di mensa (kantin) dan gw super butuh beasiswa uang saku karena uang tabungan gw udah menipis, sedangkan gw harus bayar tuition fee, perpanjang stay permit, buat asuransi kesehatan, dan jalan-jalan (jreng!).
2. Ada deeeeh hahahaha..

Gw juga setiap tahun biasanya ngebuat list apa aja yang mau gw capai, apa aja impian-impian gw selama setaun atau 2 taun kedepan, dan biasanya gw ngebuat dalam bentuk board of wishes yang akhirnya gw tempel di kamar atau gw jadiin desktop di laptop.

Tahun 2008 pertengahan gw buat board of wishes untuk sampai akhir tahun 2009. Dan hasilnya, alhamdulillah semua terkabul walaupun ada yang meleset dikit, contohnya gw ternyata lulus bulan Oktober 2009 dan akhirnya gw sama sahabat-sahabat gw jalan-jalan ke Pulau Tidung. Tapi dari semua itu ada 1 hal yang belum kesampaian sampe sekarang, jadi terus gw tulis di board of wishes gw lainnya.

Akhir tahun 2010 gw juga buat board of wishes sampai tahun 2012. Dan ternyata, Allah menunjukkan hal lain, di perencanaan gw yang harusnya kuliah lagi di tahun 2012, gw diterima kuliah di tahun 2011 dan sekarang gw menuju tahun ke 2 gw di Italy. Life is full of surprises ya?

Dan inilah board of wishes gw yang terbaru sampai akhir tahun 2013:

 

Tolong jangan diketawain, atau berpikiran, “Ih Nyanya, tinggi bener deh cita-citanya..”
Kita semua berhak loh punya cita-cita yang tinggi, tapi juga kita punya kewajiban untuk mencapai si cita-cita itu. Gw pun menulis hal tersebut ga cuman sekedar nulis juga sih, gw punya perencanaan. Jadi gw membuat perencanaan sembari mencari cara agar bisa mencapai cita-cita gw dan juga pastinya berdoa. Bagaimanapun hasil akhirnya akan ada di tangan Allah, dan gimanapun itu pasti akan indah :)

Eniwey, gw selalu percaya sama impian, bahkan terkadang gw suka ngucapin aja asal, kali aja Malaikat denger dan kemudian nyatet mimpi gw itu dan disampein ke Allah. Tapi banyak alhamdulillah yang udah disampein. Kayak misalkan pergi ke Jerman. Sejak kecil, entah kenapa gw selalu pingin ke Eropa, terutama Jerman dan Belanda. Selalu 2 negara itu. Dan di awal Januari 2012, sahabat gw, Eka, bilang, “Nya, ke Jerman yuk, nemuin sodara-sodara gw yang ganteng.” “Mauuuuu!” Susah emang nolak buat ketemu sodara-sodara Eka yang turunan Indonesia – Jerman. Hahahaha. Tapi pas kita cari-cari tiketnya, semuanya mahal. Yasudah kita pasrah, tapi gw selalu bilang, “pengen ke Jerman deeeh..” Dan out of nowhere, gw dapet rejeki untuk ke Jerman buat dateng ke acara mahasiswa Aceh di Frankfurt. Allah baik ya..

Dan sekarang, gw selalu bilang ke temen-temen gw di kampus, “nanti kita ketemu di Turki yaaa..” ke temen gw yang dari Turki. “Tenang, ntar gw ke tempat lo,” ke temen gw yang di Polandia. Ke temen gw yang dari Amerika juga begitu, “jadi boleh nginep ya kalau gw dateng?” Ga ada yang tau kan kali aja tiba-tiba gw dapet rejeki dan berangkat kesana. Kayak yang ke Belanda ini yang emang menurut gw, gw emang sangat berjodoh dengan negara mantan penjajah ini.

Setahun yang lalu ketika gw dan 2 sahabat gw, Niken dan Maul di mobil menuju Bogor, Maul nanya ke gw, “jadi apa rencana lo Nya di Italy? Uang tabungan lo kan terbatas, paling cukup buat setaun tuh.” “Gw kayaknya mau jadi babysitter aja deh.. atau semacam au pair gitu.” “Di Italy?” “Mungkin..”
Dan di Februari 2012 gw mulai nyari kerjaan sebagai au pair. Ayah-Mama selalu ngecek gimana perkembangan pencarian kerja gw nyaris setiap minggu, “jadi gimana Nya? Udah nemu kerjaannya?” “Belum Yah, ini lagi dicari.” “Di Italy?” “Ga kayaknya, Nyanya mau di Belanda aja..”
Dan akhirnya gw apply-lah lowongan au pair di Belanda dan dapet balesan ‘not interested’ dari 3 keluarga. Rasanya pingin nangis dibawah shower. Coba ya, mereka ga tertarik sama gw, gw gituuu (terus kenapa? hahaha). Jadilah gw sakit hati sama keluarga Belanda dan mengalihkan pencarian keluarga ke Turki, Italy, sampai UK. Akhirnya ketemu keluarga Arab di UK, kita sudah email-emailan, tapi ternyata terbentrok masalah visa.
Di bulan Mei, Ayah nanya lagi, “Kerjaan di Belandanya udah dapet, Nya?” “Belom Yah, bentar lagi kayaknya, doain aja..”
Dan di bulan Juni ketika gw udah desperado dengan perekonomian gw dan udah siap-siap untuk minjem suntikan dana dari sahabat gw, gw dapet message dari keluarga Belanda yang belum pernah gw masukin aplikasi. Mereka bilang tertarik dengan foto gw (yang waktu itu lagi gendong bayi dengan senyum super keibuan) dan surat pendek yang ada di profile au pair gw. Jadilah kita email-emailan dan disinilah gw sekarang.

Sekarang, yang paling sering gw asal ceplos adalah, “Iya, gw nikah 2 tahun lagi. Doain aja hahahaha.” Dan ternyata kemarin gw ditegur sama sahabat gw, Henny, “Nya, lo jangan asal ngomong 2 tahun lagi, kalau misalkan lo ditakdirin ketemu jodoh lo sebelum 2 tahun gimana? Berdoa aja semoga cepet dipersiapkan.” Baiklah, Henny..
Oiya, sama satu lagi yang sering gw omongin sekarang, “Gw jalan-jalan keliling Eropanya taun depan ah sama Niken.” Semoga akhirnya dia akan terbang kesini dari Singapore, udah kangen gw foto jelek-jelekan sama dia.

Eniwey, gw juga pingin ngingetin temen-temen yang suka ngomong asal tapi bentuknya negatif dan pesimis. Hati-hati kalau Malaikat denger dan tercatat sama mereka dan kemudian Allah mengabulkan, nanti kan kalian juga yang dapet imbas ga baiknya. Menurut gw, positif dan optimis aja sama semua hal, ada Allah kok yang selalu memilah mana yang baik untuk dikabulkan mana yang belum baik untuk dikabulkan.

Ps: Insya Allah keliling Eropanya bareng Maul juga. Yeeyyy! Ga sabar buat teriak-teriakan norak di bandara Rome sama Niken. Dan Maul pasti cuman akan ngeliatin kita bedua dengan tatapan, “please deh guys, behave!” padahal diri sendirinya girang. 😀

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.” (Arai – Sang Pemimpi)

2 thoughts on “Impian, Cita-cita, dan Board of Wishes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *