Jaman kecil dulu…

Hot shower always inspires me or at least brings back some memories.

Hari ini yang tiba-tiba muncul dikepala gw adalah memori gw ketika gw masih kecil, masih lucu-lucunya walopun sekarang pun masih banyak yang bilang gw lucu. Hahaha.

Jadi sejak gw kecil, orang tua gw udah sibuk kerja dan ga jarang gw dan adek gw ditinggal diasuh sama Bunda (tante) atau asisten rumah tangga.

Seinget gw, ketika gw kecil dulu gw adalah anak yang penasaran sama semua hal. Sama pisau, setrikaan, pohon, ilalang, hewan-hewan kecil, crayon, tempat baru, dan rumah kosong. Gw sering iseng nyoba ngebantu Mama di dapur yang biasanya berakhir tragis, kalau ga gwnya yang luka karena kena pisau, ada piring yang pecah, atau masakannya tumpah.
Tapi semua rasa penasaran itu ngebuat gw udah banyak bisa ngelakuin pekerjaan rumah tangga sejak gw masih SD; mompa air (serius dulu gw sempet punya pompa air di dapur), nyuci piring, nyetrika, nyuci baju, nyapu, ngepel, sampai salto diatas meja setrikaan (dulu gw ga sengaja nabrak Mbak gw yang lagi nyetrika dan mejanya nyaris rubuh dan untuk ngindarin setrikaan, gw mendadak salto diatas meja setrika. Wow banget lah pokoknya).

Dan rasa penasaran dan petualangan gw yang besar juga ngebuat gw punya banyak temen.
Dan koreng.
Tapi serius deh, anak kecil tanpa koreng biasanya masa kecilnya kurang lincah.
Gw pernah jatuh dari ayunan pas lagi di posisi yang paling tinggi, jatuh dari dahan pohon pas lagi manjatin pohon jambu, kecebur di got besar karena dijorokin temen, nabrak pohon nangka pas lagi naik sepeda, tulang di siku geser karna jatuh dari sepeda dan stang sepedanya nyolok kesela tulang siku, jidat lebam karena dilempar sendok sama adek gw, dan banyak lagi sejarah koreng lainnya yang alhamdulillah sekarang udah hilang.

Gw juga suka bereksperimen.
Biasanya yang jadi kelinci percobaan gw ga lain ga bukan adalah Nikmal, adek semata wayang gw. Eksperimen termutakhir yang pernah gw buat adalah manggang belimbing sayur untuk dijadiin cemilan. Dan kalau rasanya masih keaseman, si belimbing kita cocol ke gula. Lumayan, abis itu kita berdua sakit perut.

Gw juga baru sadar ternyata dari jaman dulu gw suka kasih kejutan ke orang-orang yang gw sayang.
Gw tau, Ayah dan Mama pasti capek ketika sampai rumah abis seharian kerja. Jadilah gw, yang masih 5 tahun, ngebuatin Mama dan Ayah teh hangat dan ngebersihin rumah. Mereka seneng banget pas ngeliat usaha gw. Ga tau aja pas proses pembuatan teh itu gw ngabisin nyaris 5 kantong teh dan setengah bungkus gula karna sebelumnya gw bereskperimen dulu.

Dan gw sering ngebuat pencitraan ‘anak baik-baik’ didepan guru gw.
Gw suka denger pujian, “coba contoh Nyanya yang nurut sama Ibu guru.”
Tapi sebenernya karna gw berusaha jadi anak baik-baik itulah gw selama beberapa tahun sesudahnya tumbuh jadi orang yang takut untuk speak up. Selalu diem aja kalau diapa-apain sama orang jahat. Dan pada akhirnya gw jadi kesel sendiri karena gw ga bisa ngelakuin apa-apa untuk ngelindungin diri sendiri.
Tapi jangan takut, gw udah ga gitu lagi. Sekarang gw selalu bilang kalau gw kesel atau ga suka sama sesuatu. Experiences and friends did change me.

Image anak baik-baik juga gw tunjukin ke Mama Ayah. Gw selalu berusaha ngebuat mereka ngeliat kalo gw adalah anak yang rajin belajar. Biasanya abis solat Magrib kami sekeluarga ngaji, lalu makan malem sambil nonton TV, lalu gw masuk kamar, “mau ngerjain PR, Ma..”
Satu hal yang ga mereka tau, gw kadang sering juga ngumpetin komik didalem buku pelajaran. Jadi walopun mereka ngeliatnya gw rajin banget belajar, sebenernya gw itu lagi baca komik. Ampuni Nyanya ya Ma, Yah.

Gw juga adalah anak yang ga pernah bolos sekolah.
Sama sekali ga pernah, kecuali karena sakit.
Saking selalu masuk sekolahnya, orang tua gw sering nyuruh-nyuruh gw buat sehari aja ga ke sekolah. Gw sampe bingung pas ada temen kuliah gw yang nuduh, “lo pasti gaul ya pas jaman sekolah dulu, suka bolos!”
Mana ada.
Gw adalah anak rajin sampe akhirnya gw kelempar ke Eropa dan kadang bolos kuliah dengan alesan,
“mending belajar sendiri, orang ga paham juga bahasa profesornya di kelas.”
Ampuni anakmu lagi ya Ma, Yah..

Kalau banyak orang yang pingin banget balik ke masa kecilnya, gw ga pingin.
Masa kecil gw cukup menyenangkan tapi ada banyak hal yang ngebuat gw ga mau balik lagi ke jaman itu. Karena selain hal-hal baik, ada juga hal-hal kurang baik yang ga mau gw ulang lagi.
Dan gw sangat bersyukur atas semua hal yang terjadi di jaman dulu yang berhasil ngebentuk pribadi gw jadi lebih kuat atau unik, atau apapun itu..

4 thoughts on “Jaman kecil dulu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *