Hey Belanda, apa kabar?

I fell in love once with Holland, and I think I always will.

Ada sesuatu di Belanda yang ngebuat gw merasa terpanggil lagi untuk kesana, entah apa.

Gw sering ngeliat foto-foto temen-temen gw ketika mereka sedang ada di Swedia, Denmark, Jerman, Prancis, dan belahan Eropa manapun yang biasanya dulu selalu ngebuat gw, “wahhh, pengen banget kesana..” Sekarang masih seperti itu tapi ketika gw ngeliat foto Belanda, entah mengapa, gw seperti pingin buru-buru kesana lagi.

I think I left something there.

Anyway, 2,5 bulan jadi au pair disana ninggalin banyak banget cerita buat gw. Mulai dari seneng, kesel, lucu, bete, sedih, sampe kulit muka kebakar (ini juga hahaha). Tenang, gw bukan disiksa sama orang tua au pair gw, tapi gw waktu itu sempet iseng nyoba-nyoba resep obat jerawat pake bawang putih dan JEDER muka gw bengkak dan merah. Gw sampe ngadu ke orang tua au pair gw minta tolong. Ihik. Untung mereka langsung siap siaga ngebantu gw dan langsung ngasih gw salep bayi yang ajaibnya bisa ngebuat si muka gw jadi tenang. Bahkan gurunya Flip (salah satu anak au pair gw yang berumur 5 taun) sadar sama proses perbaikan muka gw,

Guru: Isyana, your face is getting better!
Gw: yes, it is! I’m so happy about this. Mrs. Flip gave me this cream. *nyebutin merek creamnya*
Guru: Aaaah, yes I know that cream. I used to apply it on my baby’s butt when it cracks.
Gw: ………………………..

Iyah, muka gw cocok sama salep pantat bayi.

Gw dulu tinggal di Blaricum, satu wilayah 30 menit dari Amsterdam yang banyak ditinggalin sama orang-orang kaya Belanda, dimana mereka punya halaman super luas dan rumah bukan apartemen. Dan rumah gw deket lokasi kemping yang nyebabin banyak banget kuda-kuda raksasa berkeliaran. Tinggi kudanya 2 meter. Suer, gw ga boong. Tinggi dan gede. Sama kayak orang Belanda yang emang dibilang sebagai ras terbesar di dunia. Ga jarang ketika gw lagi jalan-jalan di deket rumah dan kemudian ada kuda di deket-deket gw, gw langsung baca doa banyak-banyak dan kabur biar ga gepeng keinjek si kuda.

CIMG1977

CIMG3171

Dan anak-anak asuh gw, Bel dan Flip, mereka udah ngebuat gw ngerasain betapa serunya jadi Ibu. Hahaha.

Flip usianya 5 tahun dan dia adalah anak yang spesial, oleh karna itu dia butuh perhatian super dari semua orang. Dan ga jarang dia cemburu sama Bel (belum 1 tahun) kalau gw lagi gendong atau kasih susu Bel. Tapi overall, Flip adalah anak yang (iya, iya kadang dia ngeselin) sangat menyenangkan. Nyaris setiap pagi ketika gw lagi beberes dapur dan dia baru turun dari kamarnya di lantai 2, dia jalan pelan-pelan ke arah gw, “Cana.. Cana..” dan meluk pinggang gw dari belakang. Atau ketika kita lagi main ditaman, dia sering lari-lari kearah gw sambil ketawa seneng, nabrak pinggang gw, dan meluk gw erat. Ataupun ketika dia lagi ga mood ngapa-ngapain setelah pulang sekolah, ga jarang dia cuman tiduran di paha gw di taman, ga ngomong apa-apa karena memang kosakata dia masih terbatas saat itu dan gw pun sibuk main-main dengan rambutnya yang berwarna emas sambil mengagumi warna langit sore Blaricum yang cantik.

Nah kalau mau ngebayangin Bel, bayanginlah balita Indonesia umur 1 tahun. Karna dia bayi raksasa! Hahaha! Pas dia umurnya 7 bulan, besar kepalanya udah 3/4 kepala gw dan beratnya 12 kg. Subhanallah.

Hobi gw setiap hari adalah ngebangunin dia tidur, ngegoyang-goyangin tangannya sampe dia pelan-pelan ngebuka mata. Dan bilang, “goedemorgen, Schat..” (Selamat pagi, Sayang) pas dia akhirnya ngeliat gw dan ngulet-ngulet males. Gw dan Bel selalu perang licik-licikan, terutama pas gw lagi pakein dia baju dan ngasih dia makan. Pas gw lagi makein dia baju, dia akan lincah sendiri ngegapai-gapai apapun yang ada dideketnya dan langsung dia masukin ke mulut, contohnya sepatu. Hahaha.
Dan Bel ga suka banget bubur buah dan sayur yang gw kasih ke dia. Dia lebih prefer makanan gw atau benda-benda aneh lainnya buat dimasukin ke dalem mulut. Jadilah gw harus pinter-pinter ngebuat dia nurut sama gw, yang biasanya ngajak dia becanda sambil makan biar dia mau buka mulutnya. Tapi dia ga kalah licik, klo dia udah bosen makan, dia akan pura-pura bersin dan ngebuat semua makanannya kesembur ke muka gw.

Pernah pas dia lagi pilek berat, setiap bersin ingusnya (maaf) kebentuk jadi balon gede sebesar mukanya. Bel langsung panik. Dan gw sebagai au pair yang baik, gw ketawa ngakak dulu, niup si balon sampe pecah baru ngebersihin si sisa balon itu. Hahaha. Maaf ya Bel. Dan apa yang paling gw rindukan saat ini? Ngebuat dia tidur di pangkuan gw. Walaupun susah, gw harus ngelakuin berbagai macam trik, dan pegeeeel (yaiya lah ngegendong dan ayun-ayunin bayi 12 kg  aja gituuu), tapi ketika dia tidur, rasanya damai dan tenang banget.

CIMG2128

Gw disana tinggal di rumah kecil yang cuma 10 meter dari rumah utama. Rumah yang sebenernya mix sama gudang, yang selalu super dingin pas malem walaupun heaternya nyalah, yang pada akhirnya gw jadiin tempat persembunyian gw, yang selalu gw kangenin setiap sore pingin cepet-cepet selesai bertugas dan kemudian nyalahin laptop buat cerita-cerita dengan temen-temen. Gw ngabisin bulan Ramadhan gw disana. Dimana gw akhirnya sempet menikmati 18 jam 45 menit waktu puasa, saur dan buka puasa sendirian (Ihik. Tapi selalu ada temen-temen yang baik hati nemenin gw via online sih), dan siyok pas gw niat saur sambil nonton tv karena di pagi-pagi buta stasiun TV Belanda nampilin program ‘jualan’ mbak-mbak seksi.

Dan jalan-jalan di Belanda……… selalu menyenangkan. Kota-kotanya cantik, orang-orangnya ramah dan siap ngebantu orang hobi nyasar kayak gw, dan sepanjang perjalanan di kereta selalu jadi tempat gw berkontemplasi mengenai segala hal.

Hey, Belanda, I think we should meet again to finish this ‘unfinished’ business :)

CIMG2010

CIMG2803

2 thoughts on “Hey Belanda, apa kabar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *