Bukti Sayang :)

Rende, 10 April 2013
11.11 CEST

Pembuktian rasa sayang itu berbeda-beda, menurut gw begitu.

Kalau gw pikir-pikir, dari kecil sampai sekarang, orang-orang yang mengaku sayang sama gw ngebuktiin rasa sayangnya melalui banyak hal, gak melulu melalui hal yang menurut gw lemah-lembut atau romantis.

Contohnya dulu pas gw masih sekitaran umur 4 tahun dan masih duduk di TK 0 besar, Mama selalu ngasih PR hapalan doa shalat sebelum beliau berangkat kerja dan gw harus udah hapal bacaan itu ketika beliau pulang sore harinya.
Panik dong!
Seharian mau main sama temen bawaannya kepikiran hapalan doa dan takut kalau gak hapal Mama akan marah.
Pas sorenya, hapalan gw masih belum sempurna, masih “aaaaa… mmmmm.. apa ya Nyanya lupa lanjutannya, Ma..hehe..”

Dan Mama gak marah atau ngomel, beliau ngebantu gw untuk nerusin bagian yang gw lupa dan akhirnya nambahin PR gw lagi. Hahaha! Tapi toh akhirnya diumur gw yang masih bocah bau matahari itu gw udah hapal banyak bacaan shalat.

Atau ketika Ayah minta gw dan Nikmal (adek gw) untuk jadi juara kelas dan mengiming-ngimingi kita hadiah komputer kalau kita berhasil. Disaat itu kita berdua antara termotivasi dan lumayan stress karna memang kita dibesarkan dikeluarga yang “kalau pingin sesuatu kita harus memberikan sesuatu kepada Mama dan Ayah”. Dan juga kita bukan berasal dari keluarga yang kaya yang bisa membelikan anaknya apapun yang anak-anaknya mau. Kita tau Ayah dan Mama berjuang keras untuk membelikan kebutuhan kita, jadilah gw dan Nikmal juga berusaha keras untuk membuat mereka bangga.
Dan ternyata di hari penerimaan raport, gw dan Nikmal sama-sama mendapatkan juara kelas. Langsunglah seminggu kemudian komputer baru terpampang di ruang keluarga.

Dulu juga ketika gw akhirnya minta ijin kepada Mama dan Ayah untuk sekolah diluar negeri, mereka terlihat sedikit patah hati, karena yang mereka pingin sebenarnya adalah gw sebagai satu-satunya anak perempuan mereka untuk tetap ada didekat mereka, gak pergi jauh-jauh entah kemana. Tapi karena mereka sayang banget sama gw, mereka melepaskan rasa egois dan protektif itu dan mengijinkan gw untuk sekolah disini selama 2 tahun.

Dan semakin dekat dengan hari H keberangkatan gw ke Italy, salah satu sahabat gw, Ade, semakin senewen setiap gw menceritakan tentang Italy. Dia bukan iri karna gw bisa ke Eropa, tapi dia sedih karna dia tau kita akan pisah selama 2 tahun dan ngelepasin seorang sahabat gak akan pernah gampang. Tapi disaat itu dia juga sok-sokan tegar didepan gw dan sambil mempuk-puk bahu gw (kita memang bukan tipe sahabatan yang romantis yang suka pelukan),
“Nyai, belajar yang bener, cepet pulang, jangan main-main, jangan nakal-nakal!”

Atau bagaimana Niken yang sering ngomong seadanya yang gak jarang buat gw bilang “lo sadis bener deh!” demi gw sadar dengan kenyataan yang lagi gw hadapi saat itu dan gw kembali bisa mikir pakai logika.

Cara ngebuktiin rasa sayang kadang lebih kearah omelan, atau cara yang gw liat sedikit ‘heartless’, atau rasa ikhlas untuk melepaskan keegoisan mereka demi gw bisa mencapai impian gw, dan mungkin melalui doa.
Gak jarang, bagi gw sendiri, ketika gw sayang sama seseorang atau dua orang atau banyak orang, gw masukin mereka kedalam doa gw. Toh Allah adalah penunjuk rasa sayang terbaik, dan dari doa-doa tersebut gw harap Allah akan terus menjaga mereka dalam kebaikan.

So, if you care about someone, prove it.
Only by telling them a hundred times about that won’t prove anything.

dadut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *