08102013

Pondok Gede, 14 Oktober 2013

Alhamdulillah ngetik blognya udah dari Pondok Gede, kota yang cukup besar dan macet (pastinya) yang selalu dengan sotoynya saya bilang sebagai bagian dari Jakarta Timur, bukan Bekasi. Karena setiap saya bilang ke temen-temen kalau saya tinggal di daerah Bekasi, mereka langsung teriak, “hih, jauuuh!” Padahal gak segitunya juga kali.

Saya mulai perjalanan menuju Indonsia hari Selasa kemarin, tanggal 8 Oktober 2013 dan akhirnya sampai di Abu Dhabi untuk lay over selama 5 jam tanggal 9-nya. Dan sampai Soetta tanggal 9 jam 10.15 malem.

Sehari sebelum keberangkatan, saya sibuk kesana-kemari dadahan sama semua temen-temen saya. Seharusnya sih saya ngadain farewell party. Tapi karena duitnya udah makin menipis dengan menyedihkan akibat eurotrip seminggu sebelumnya, jadilah saya cuman ngedatengin mereka satu-satu dan ngumpulin temen-temen saya yang berhasil saya tipu daya (karena mereka mikir kalau akan ada makan-makan kecil di farewell saya, padahal nggak ada. Muahaha!) di apartemen Eunika – Eka.

Ada rasa sedih, seneng, gak pingin pulang tapi kangen rumah di Indonesia saat itu. Akibatnya saya seharian cuman bisa tersenyum datar, gak paham apa yang saya rasain. Tapi yah namanya ngumpul sama temen-temen Indonesia Rende pasti ada aja ketawa ngakaknya. Kelakuan mereka itu loh, 11-12 sama srimulat. Hahaha. Salah satu contohnya ketika akhirnya saya dadahan dengan Anne sambil kita saling mendoakan dengan dramatis.

Anne: Hati-hati ya Nya di Jakarta. Baik-baik disana. Semoga cepet dapet kerjaan yang bagus..
Saya: amiin..
Anne: … yang gajinya oke. Trus taun depan bisa nikah..
Saya: *makin semangat aminin*
Anne: …sama cowo yang terbaik, yang sayang banget sama lo..
Saya: lo juga ya Nyil (saya manggil dia Unyil), semoga cepet lulus, cepet dapet kerjaan yang bagus.. Bukan kerjaan yang ecek-ecek pokoknya..

Tiba-tiba Eunika dateng dan ngalungin hola hoop ke saya dan Anne.

Saya: ini maksudnya apa, Nik?
Eunika: biar pisahannya makin sakral, didalam lingkaran.

Saya dan Anne liat-liatan dan reflek nyobain main hola hoop berdua yang ternyata gagal. Hahaha.

Saya: kita tadi lagi pisahan dramatis juga! Ulang lagi Nyil, ulang pisahannya..

Hahaha.

Suka ajaib memang kelakuan mereka.

Besok paginya saya dan 4 temen (Hudi, Lily, Ria, Riwe) yang dengan baik hatinya nemenin saya ke stasiun walaupun muka mereka masih bantal semua dan kalau ngomong masih setengah sadar. Dan 5 menit sebelum kereta ke Roma dateng, mantan temen sekamar saya, Mia, dateng sambil ngos-ngosan ke stasiun untuk dadahan. Mereka itu ya.. Sungguh..

Kereta akhirnya dateng dan saya peluk mereka satu-satu dengan cepet. Hudi langsung buru-buru ngangkut koper 28 kg + tas jinjing 4 kg  saya ke dalam kereta. Saya naik kereta dan ngeliat ke arah mereka yang nyengir sambil melambai-lambai. Pintu kereta masih kebuka. Tiba-tiba Mia bilang, “Nyanya, kamu kan suka banget sama jam aku, ini buat kamu..”

Saya nyengir dan dadah-dadah ke arah mereka. Ini keretanya kok ya gak jalan-jalan deh. Lama-lama nangis ini.

Saya: Udah sana kalian pergi. Hus hus.
Mereka: *masih nyengir ngeliatin saya*
Saya: sanaaa pergi, ntar gw nangis.

Dan saya mulai berkaca-kaca, mereka ketawa. Sial. Untungnya si kereta langsung jalan.

Saya gerek-gerek si Coklat Ganteng (nama koper saya) kedalam gerbong sambil nyari-nyari tempat naro koper yang masih available. Akhirnya setelah 5 menit nyaris putus asa gotong-gotong total bawaan saya yang totalnya 40 kg lebih, saya nemuin tempat buat si Coklat Ganteng dan saya langsung duduk di bangku saya dideket jendela.

Saya baca doa dan langsung nyalahin mp3. Saya diem sambil ngeliat ke luar jendela. Semua biru, karena jalur keretanya ada di pinggir laut. Lalu mendadak semua hal dan muka temen-temen saya muncul di refleksi jendela. Satu persatu, mulai pertama kali saya kenal mereka sampai 15 menit yang lalu saya dadahan sama mereka di stasiun. Akhirnya saya nangis. Lebay memang, masa’ gitu aja kok nangis. Tapi itu bukan salah saya.

Salahin PMS saya hari itu.
Salahin lagunya The Weepies – Blue yang tiba-tiba keputer di mp3 saya.
Salahin warna biru laut yang sangat cantik diluar jendela.
Salahin temen-temen saya yang udah begitu baik dengan saya.

“Red dirt road in Tennessee. Red dirt mud, slow wet feet. Red dirt clay stuck in my heart. Clogging up the way. The tears come through. I’m blue, just blue…”

Saya nangis dengan cupunya gak berhenti-henti sampai sekitar 15 menit. Diem, ambil napas, lalu mendadak nangis lagi. Untungnya saya duduk hadap-hadapan sama kakek-kakek yang super kakek dan dia lagi tidur sampe mulutnya kebuka setengah. Pemandangan itu yang ngebuat saya berhenti nangis sebentar, karena saya  kedistrek sama mulutnya.

3,5 jam kemudian saya sampai di Stasiun Termini Roma dan Eka udah siap siaga nunggu saya didepan pintu kereta. Hap hap. Eyang (Eka), nurunin si Coklat Ganteng dari kereta dan mulailah petualangan kita hari itu.

Jadi Eyang memang dari dulu pingin nganterin saya sampe bandara pas saya akhirnya back for good ke Indonesia. Tapi yang namanya mahasiswa, ya sama-sama taulah kondisi duitnya yang mengenaskan. Jadi yasudah awalnya dia gak jadi nganterin. Tapi karena mendadak dia harus perpanjang passport di KBRI di Roma, sengaja disamain lah jadwal perpanjang passport dengan hari keberangkatan (kepulangan) saya ini.

Agenda kita yang pertama adalah ke Castroni, toko di Roma yang ngejual macem-macem bahan makanan Indonesia, demi menyukseskan Warung Gokil-nya Eunika. Jadi sejak balik dari internship di Belgia bulan September kemarin, Eunika buka usaha Warung Gaul di Rende. Usaha yang semi sosial, karena banyak yang beli barang tapi ngutang dulu baru bayar nanti-nanti kalau ada duit. Haha. Namanya juga mahasiswa.

Agenda kedua adalah ke KBRI buat ngambil passportnya barunya Eyang. Dan akhirnya agenda terakhir, ngebawa saya dan koper-koper saya dengan selamat ke bandara Fiumicino jam 5 sore.

Karena salah perhitungan waktu dan memang kita belum pernah ke Castroni, jadilah kita berdua lari-larian sambil nanya sana-sini demi bisa sampe Castroni. Setelah sekitar 2 jam bawa-bawa backpack 8 kg saya (barang-barang lain dititipin di Termini), bahu saya mulai nyeri. Tapi ngeliat Eyang yang tetep lincah, saya jadi ikutan semangat. Akhirnya kita sampai dengan suksesnya di Castroni. Habis belanja 2 kardus Indomie dan beberapa botol kecap dan saus yang kita pepetin di dalam koper kecilnya Eyang, kita buru-buru lagi ke KBRI karena jam 5 kurang kita harus sampai Termini lagi untuk ngejar bus airport jam 5. Jam 16.40 kita baru aja dempet-dempetan naik busa ke arah Termini. Jam 5 teng kita sampai Termini, tapi kita mikir untuk nyari bus yang jam 17.15 karena kita harus ambil koper saya dulu di dalam stasiun. Buru-buru setengah lari, kita ke tempat penitipan bagasi. Dan kemudian 10 menit kemudian lari lagi ke tempat pemberhentian bus. Bus kita masih ada!

Langsung Eyang ngantri untuk beli tiket, sedangkan saya langsung naro si koper yang kok kayaknya makin berat, ke bagasi bus.

Jam 18.15 kami sampai dengan sukses di Bandara. Langsung ke tempat check in sambil komat-kamit berdoa agar gak didenda karena kelebihan bagasi (harusnya 30 kg aja gitu, padahal bagasi saya 32 kg). Dan ternyata dilolosin. Alhamdulillah.

Bandara Fiumicino ternyata besar bener. 2 tahun di Italy, saya baru 2 kali ke bandara itu, pas berangkat dan pas pulang, karena biasanya pas saya trip saya selalu lewat bandara kecil Italia entah dimana. Bandara besar berarti orangnya banyak dan ngantrinya panjang. Akhirnya walaupun saya boarding jam 21.15, saya mulai ngantri security check jam 19.30 sambil difoto-fotoin sama Eyang. Serasa artis bener, ngelambai-lambai dan ada yang foto-fotoin aja gitu. Abis pelukan dadahan yang saya dengan cupunya lagi nyaris nangis tapi batal karena Eyang bilang, “heh, jangan nangis!”, Eyang pergi dan saya sendirian. Gak deng, ramean, orang banyak banget orangnya disana.

Habis security check, ngantri lagi di imigrasi. Panjang bener deh. Punggung saya mulai nyut-nyutan lagi. Setelah ngantri 30 menit, tiba-tiba ada 3 bule (kayaknya Rusia, karena bukan orang UE), yang motong antrian. Sebel bener, pingin rasanya saya toyor satu-satu bule itu.

Jam 20.50 saya ke gate J, tempat pesawat Alitalia yang kerja sama dengan Etihad boarding. Saya buru-buru pakai parfum biar temen sebangku saya nanti gak pingsan dan akhirnya siap untuk terbang.

Well then Indonesia, finally we will see each other after these 2 amazing years. Bismillah.