"Udah dapet kerja belum?"

Pondok Gede, 22 Nov 2013
15.50 WIB

Orang-orang Indonesia terkenal dengan rasa ingin taunya lewat pertanyaan, “wah kapan..?” dan pertanyaan sejenis lainnya.

Kalau pas jaman kuliah kemarin pertanyaan “kapan”-nya adalah sekitaran “kan sebentar lagi lulus, jadi kapan nikah?” “kapan lulus?” dan “kapan balik ke Indonesia?”, sejak saya sampai di Indonesia pertanyaan-pertanyaan itu geser dan berevolusi sedikit jadi: “kan udah lulus, jadi kapan nikah?” dan “udah dapet kerja belum?”

Kalau untuk pertanyaan “kapan nikah?”, saya udah punya cara terbaik untung ngejawabnya. Yaitu, senyum manis dan bilang aja, “tolong bantu doa aja ya..” Hasilnya si penanya jadi ngangguk dan bilang amin, dan saya sukses deh gak ditanya-tanyain lagi. Haha.

Nah untuk pertanyaan udah dapet kerja atau belum ini lah yang sempet buat saya uring-uringan kemarin. Karena nyaris semua orang yang nyapa saya via chat atau ketemu langsung pasti nanyanya begitu. Saya pun yang awalnya ngejawab dengan antusias, “… ini lagi proses nyari-nyari.. haha.. doakan ya..” akhirnya sampai ke titik ngejawab dengan jawaban datar, “..lagi proses.. gw kan juga baru sebulan di Indonesia..” Dan kalau sial ya si penanya kena ceramah panjang lebar saya tentang bagaimana proses cari kerja di Indonesia yang tahapannya panjang, dan lainnya.

Maaf ya.. haha.

Jadi bagi kamu yang mungkin punya temen yang baru lulus kuliah, atau kamu baru aja masuk ke dunia kerja, saya mau cerita sedikit tentang fakta cari kerja di kota besar Indonesia.

  • Daftar kerja gampang, tapi prosesnya panjang. Kalau daftar-daftar aja sih gampang lah ya. Liat aja di situs-situs lowongan kerja dan sekalian daftar di situs pencari kerja semacam jobstreet atau jobsdb. Kalau kamu hoki, malah kamu yang dihubungin sama HRDnya untuk ditawarin ikut test suatu kerjaan.
  • Untuk bisa diterima di suatu kerjaan, prosesnya panjang dan gak cepet. Empat tahun lalu ketika saya jadi anak Management Trainee di perusahaan biscuit, saya harus ngelaluin 8 tahap test masuk (kalau dihitung termasuk CV screening ya) dan hanya 8 orang yang diterima dengan saingan pendaftar sebanyak 800 orang. Tahapannya ada: screening CV – psikotes – FGD 1 (bahasa inggris) – interview dengan HRD – interview dengan 3 senior manager – FGD 2 – presentasi kasus didepan 6 BOD yang 3 orang diataranya adalah bule Australia yang logatnya ngebuat saya berulang kali ngomong, “pardon me, could please repeat the question?” Hahaha – dan medcheck. Nah untuk perusahaan FMCG (kembali dibidang makanan pastinya) yang akhirnya saya pilih untuk jadi tempat mencari rejeki sekarang ini, saya harus ngelaluin 4 tahap test: interview dengan manager hrd dan marketing – psikotest & interview dengan psikolog – medcheck – interview CEO. Banyak! Tapi ada juga kok perusahaan yang cuman 3 tahap testnya.

Mama saya pernah cerita, jaman dulu tuh susah daftar kerja. Karena Mama harus ngedatengin perusahaan satu-satu dan nanya ada lowongan gak disana sambil nyerahin CV. Akhirnya Mama nemuin satu perusahaan keramik dan ternyata lagi buka lowongan disana. Begitu Mama masuk, ngantrinya panjang. Dan satu persatu calon karyawan diinterview langsung sama direkturnya. Begitu Mama diinterview sebagai sekertaris, si direktur ngerasa cocok dan langsunglah nego gaji. Sahlah Mama kerja disana. Cuma satu tahap testnya tapi harus ekstra usaha buat daftar kerjanya.

Nah tapi alhamdulillahnya sejak 2 minggu lalu saya bisa ngejawab pertanyaan, “udah dapet kerja belum?” dari temen-temen saya dengan riang gembira, karena ternyata rejeki saya berjodoh lagi dengan perusahaan FMCG (dapet makanan gratis lagi nanti. Hore!). Dan saya sebenernya tau, ‘kebawelan’ mereka nanya itu ya karena mereka care. Dan lagipula mereka juga ngebantu doain saya juga untuk cepet ngedapetin kerja.

Jadi terima kasih banyak ya, temen-temen. Dan jangan lupa siapin mental baja untuk ngejawab berbagai macam pertanyaan dari orang-orang disekitar kamu 😀

Taken from: laseoulguy.com

 

18 thoughts on “"Udah dapet kerja belum?"

  1. terkejut waktu liat foto paling bawah. apalagi bukanya pake ponsel, gede kali cut, hidungnya Besar lagi. eh salah fokus. mendingan dinikmati dulu masa2 jobless, karena dirimu akan merindukannya cut

  2. tips oke nih, bule. gw bakal praktekin yang ‘tolong bantu doa aja’ buat yg nanya kapan nikah. sementara untuk pertanyaan kapan kerja, gw yg udah 4 bulan nganggur setelah resign dari kantor yang lama ini, gw udah di tahap ‘senyum doang males jawab’. haha.. gw dah lamar 30 an perusahaan tapi cuma satu yang manggil. pas tes live report gw gagal pulak. wakakaka

    • Mungkin yang pertanyaan kerja jawabannya bisa, “mohon doanya ya.. atau ada lowongan gak dikantor kamu?” Hahaha. Semangat Om Yasdi! Masih banyak perusahaan oke yang pasti dengan sukarela mau ngerekrut lo!

  3. Iya nih sebel suka ditanyai macem itu. Apalagi kan aku kemaren ikut tes CPNS dan keluarga dan temen udah pada tau, tapi tetep aja kalo ketemu “Udah kerja belom?” Yaelaah, pada tau kan kalo hasilnya keluar bulan depan, tapi masih aja suka ditanyain. Duhhh…

    • Hahahaha. Tu kan bener banyak yang jadi tertekan kalo ditanyain terus-terusan.. pake jurus jawaban manis, “mohon doanya ya..” aja, Win..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *