Kisah PPR (Para Pencari Rumah)

Pondok Gede, 23 November 2014

Juni 2014

Matahari bersinar dengan terik, AC taksi berhembus sepoi-sepoi, dan bapak taksi menatap jalanan dengan tajam. Mama nengok ke arah saya dan ngomong dengan muka serius, “Nyanya kan sekarang udah kerja…”

Saya: *dalem hati* wah, pasti mau ngomong tentang nikah-nikahan
Mama: …dan penghasilannya udah tetap.
Saya: *masih dalem hati* .. wah jangan-jangan disuruh ngelamar anak orang nih.
Mama: …udah saatnya beli rumah.

Eh?

Jadi udah sebulan terakhir Nikmal (adek saya) sibuk keliling Jabodetabek bareng Mama tiap weekend buat cari rumah. Sayanya mah sibuk tidur sambil nonton atau main sama temen. Sungguh weekend yang sangat indah. Dan Mama bilang kalau harga rumah itu akan selalu naik, biasanya sekitar Rp100 juta pertahun. Jadi mumpung sekarang belum terlalu banyak pengeluaran ya mbok disisihin aja duitnya buat beli rumah. Saya awalnya ngerasa bagaimanaaa gitu, ya suami ajalah yang beli rumah moso’ saya (maaf ya suami masa depan *sungkem*). Lalu habislah saya diceramahin sama Mama yang intinya lebih baik udah ada pegangan daripada nanti harga rumah makin melambung dan gak affordable. Seenggaknya walaupun nanti rumahnya gak ditempatin kan ya bisa investasi.

Balik lagi ke November 2014

Sejak itulah akhirnya saya menjadi Pencari Rumah bareng Nikmal. Nikmal bagian serius nyari rumah dan nyetir, saya bagian ngintilin dan tidur di mobil haha.

Singkat cerita, akhirnya bulan Juni itu juga saya DP rumah bareng Nikmal, rumah kita tetanggaan ceritanya. Tapi karena bagian financenya bawel bener, nelponin saya setiap hari dan kalau gak diangkat akan terus nelepon, saya akhirnya batalin transaksinya. Dan akhirnya saya beralih ke rumah di Cibinong. Lokasinya enak, rada diatas bukit gitu dan dari rumah bisa ngeliat Gunung Putri. Saya DP lah dan ngelanjutin proses. Bulan September akhirnya bank approved rikues saya dan begitu keluar cicilannya, “lah kok naik 1,5 juta dari awal kesepakatan?!” Yaudahlah daripada tiap bulan saya gak bisa belanja online dan melakukan kegiatan yang mendukung #menujukinclong2014, saya lepas rumahnya. Dan saya kembali menjadi PPR (Para Pencari Rumah).

Nah, Sabtu kemarin saya, Ade, dan Neil  (calonnya Lilid yang udah pasrah dan tabah harus temenan sama kita) nyari rumah barengan untuk pertama kalinya. Harusnya Lilid ikut juga tapi dia mendadak harus ke Palembang. Sedangkan Niken udah beli rumah 2 tahun lalu dan Ida juga udah punya rumah sejak dia nikah 3 tahun lalu.

Tujuan pertama kita adalah Cimanggis yang kata Neil rumahnya bagus dan lagi ada diskon. Berangkatlah kita dari Margonda jam 4 sore karena sebelumnya kita ke Lebak Bulus dulu. Sampai depan komplek rumah itu, reaksi saya dan Ade langsung, “widiiih kompleknyaaa! Gede amat! Neil lo yakin ni ruamhnya gak M-M-an?”

Neil: lagi diskon ini katanya.

Yaudah akhirnya kita ke kantor pemasarannya dan dikasih list harga yang langsung kita filter ke harga cicilan yang masuk kantong. Ternyata dpnya lagi diskon 80%, yang awalnya 100 juta jadi 20 juta. Dan ditambah lagi dari kantor marketing itu keliatan kolam renang yang ala-ala infinity pool. Saya dan Ade langsung ngiler ngeliatnya, bawaannya pengen ikutan nyebur kesana.

Akhirnya setelah tanya ini itu dan hitung harga setelah diskon ke Mbak Marketing, kita berangkat nyari cluster yang kita mau. Karena si Mbak waktu kerjanya udah habis, kita cuma dikasi ancang-ancang ke arah 2 cluster yang mau kita liat.

Cluster pertama, sebut saja dia Mawar, letaknya di deket kantor marketing. Ternyata di komplek itu banyak rumah lama, ukuran bangunannya lumayan, jalanannya besar, dan lingkungannya adem. Nah tapinya kok rumah-rumah barunya gak ketemu-ketemu gini. Kita nanya ke Pak Satpam dan diarahkan ke bagian belakang cluster dan voila! Ketemu.

Lumayan cakep sih rumah-rumahnya, tapi jalanannya sedikit sempit dan begitu masuk kedalam rumah contoh kita bertiga ngangguk-ngangguk sambil nyengir dan ngetok-ngetok dinding rumah sok-sokan professional. Ukurannya kecil syekaliii. Saya bahkan gak bisa mengira-ngira dimana ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan. Dan Ade juga bilang kalau rangka rumah ini dengan rumah tetangga kayaknya jadi satu dan itu gak bagus banget. Ntar kalau kita ngobrol bisa dikupingin sama tetangga. Dan kalau mau ninggiin rumah harus ijin ke tetangga dulu.

Yowes, akhirnya kita ke Cluster B, sebut saja dia Melati. Menuju cluster B, kita harus ke arah gerbang komplek dan masuk ke jalanan lainnya, yang jauuuuuuuuuh sekali. Sejauh mata memandang cuma ada jalanan dan ilalang. Setelah bingung-bingung menerka dimana si Melati berada, akhirnya kita sampai di ujung dunia, eh, diujung komplek maksudnya. Dia ternyata letaknya ada di pojokan komplek padahal harganya lebih mahal dibandingkan Mawar dan bentuk rumahnya juga biasa aja. Kita bertiga kembali geleng-geleng.

Neil: wah susah kalo begini caranya.
Ade: kalo rumahnya disini dan kita berangkat ngantor naik motor pas rambut basah, pas sampe gerbang komplek rambut udah kering dan udah balik lepek lagi karna keringetan. Jadi terpaksa harus numpang mandi lagi di pos satpam.
Saya: atau kalau misalkan anak gw pamitan ke sekolah pas hari Senin, dia baru ngabarin hari Selasanya, “Mam, aku udah berhasil sampe sekolah dengan selamat!”

Hahaha.

Emang sih katanya ada angkot antar cluster, tapi gak keliatan tuh selama kita ngelilingin komplek. Dan ada juga shuttle bus ke arah Ratu Plaza, tapi cuma beroperasi sekali sehari, itu juga berangkatnya jam 05.15 WIB. Ade langsung komentar, “jeh, itu mah Pak Ustad juga belum selese ngaji di masjid..” Hahahaha.

Dari situ kita ke komplek satu lagi di daerah Cibinong lewat jalan non tol. Berhubung udah gelap dan lampu disana sungguh irit keberadaanya, kita nyetir hati-hati banget. Kita disini adalah Ade dan Neil (Neil bawa mobil juga), saya mah bagian ngeliatin bolongan jalan dan google map. Udah lebih dari 30 menit di jalan, si komplek gak ketemu padahal spanduknya udah keliatan banyak banget di jalan, dan kita malah udah sampe pasar Cibinong. Neil bilang kalo kayaknya dia ngeliat kompleknya disamping Klenteng. Okay, saya bahkan gak ngeliat ada Klenteng saking gelapnya.

Kita pun puter balik dan nyari Klenteng. Neil ngeliat, kita gak hahaha. Atulah. Akhirnya saya dan Ade nyerah dan minta Neil pulang balik aja.  Karena posisi mobil Ade didepan Neil, jadilah kita melipir biar Neil yang mimpin. Pas nungguin Neil, saya nengok ke kiri dan, “lah De, ini kompleknya. Kan emang baru tanah doang. Tu namanya di graffiti di tembok putih.” Memanglah suatu hal kadang kalo gak dicari baru bisa ditemuin.

Jadi inilah beberapa hal yang menurut kami, PPR, harus diperhatikan dalam menemukan rumah idaman:

1. Harus dicek kita akan dapat Hak Milik atau Hak Guna Bangunan (HGB). Sebaiknya kita cari yang udah Hak Milik karena berarti rumahnya udah jadi milik kita setelah kita selesein persuratan dan pembayaran. Tapi kalau HGB, kita akan disuruh bayar setiap 20 tahun sekali.

2.Lokasi harus strategis.
*Pas di mobil arah pulang*

Saya: De, kita emang ni harus cari rumah di cek lokasinya bagus gak. Deket pasar, deket supermarket, ya gak jauh-jauh amat lah dari mall.
Ade: iyalah. Deket sama sekolah juga Nya biar anak-anak sekolahnya gak jauh.
Saya: minimal deket sama SD dan SMP bagus. Kalau udah SMA rada jauh sih gak apa-apa. Gw juga gak mau nyekolahin anak-anak gw di sekolah abal-abal sih. Oiya sama deket ke arah kantor. Minimal transportasi gampanglah kesana. Gak apa-apa deh lebih deket ke kantor suami.
Ade: lah, gak mau kalo gw. Harus lebih deket ke kantor gw dibanding kantor suami! Gw egois, Nya.
Saya: hahahaha. Kan biarin suaminya aja yang fokus kerja maksudnya.
Ade: tapi kalau ada telepon dari sekolah tentang anak gw gimana? Misalkan, ‘Hallo Bu, ini anaknya lagi mainan sama pup. Ibu bisa tolong ke sekolah biar anaknya berhenti main pup?’

Oke, sebenernya saya gak ngerti sih kenapa anaknya Ade harus terobsesi main sama pup.

Ade: ….kan gw yang harus ke sekolahnya dia, masa’ Bapaknya.
Saya: *angguk-angguk cakep* iya bener-bener. Yaudah deket ke dua-duanya deh.
Ade: kalo lo kantornya jauh ya susah lah Nya kalo anak lo main pup juga dan lo disuruh ke sekolah anak.
Saya: gampaaang. Ntar gw minta lo aja yang ke sekolah. Kan sekolah anak kita ceritanya bareng bahahaha. Btw ini kita obrolannya dewasa yah.
Ade: iya, kita semakin tua..

3. Gampang nemuin tranportasi umum. It’s a must. Minimal becak lah atau ojek.

4.Cek lingkungan rumahnya banjir gak. Secara setiap musim ujan rata-rata Jabodetabek mendadak jadi akuarium.

5. Ini optional tapi akan lebih menyenangkan kalau bisa deket-deketan rumahnya sama keluarga dan sahabat sendiri. Yah se-enggaknya bisa numpang nitipin anak dan numpang makan hehe.

Hokay, kami akan terus jadi PPR sampai rumah idaman ditemukan. Ciao!

Obrolan mantan PPR dan PPR di siang hari

Obrolan mantan PPR dan PPR di siang hari

13 thoughts on “Kisah PPR (Para Pencari Rumah)

  1. Kalo aku entah kenapa sejak pernah ngerasain tinggal di apartemen waktu training di Jepang, jadi pengen tinggalnya di apartemen aja nih…kayaknya lebih simpel dan gampang ngurusnya…terus karena aku gak bisa naik mobil, motor, ataupun sepeda #ngaku kalo punya apartemen syarat utamanya harus ada angkutan umun yg lewat depan atau minimal dekat tempat tinggal aku :)

    • Kalo aku sukanya di rumah, Kak. Biar ntar anak2ku juga mainnya di tanah.. haha. Makanya nanti aku pingin punya halaman luas, biar deh mereka manjat2 pohon atau main ayunan atau nyari cacing 😀

  2. Semangaaaat PPR ku sayang, gpp gw jg dulu karena budget yg mepet niatnya pengen beli rumah second sampai pas pernah datang ke satu rmh didaerah depok ternyata setelah ditelaah kenapa mau dijual rmh itu berhantu, ada juga rumh yang agak murah cm adanya dipelosiok krn hrus lewatin gang yg super sempit dan jalan curam, cm klo sabar dan niatnya baik pasti ada aja rejekinya kok. Akhirnya sampailah gw n setyo dapetin rmh di cimanggis dan gak.second..inti cerita, gak usah buru2 nyai klo mau cari rmh yg cocok dan rajin2 browsimg di inet juga, pokoke yg saabaaar dan smg kita bs satu kompleeek.. Amiiin ya Allah

    • Aamiin bunda ongong.. ntar kabar2in yah hasil interview sama marketing komplekmu.. weekend depan depannya lagi insya Allah kita cari2 di Depok. Siapin bekel yaaah..

    • Mai banget gw mah klo di pondok Gede, sayangnya kantongnya belum mau hahaha. Harga rumah di Pd Gede udah diatas 1 M soalnya huhu. Cibubur mau dong.. ada yang deket2 rumah lo, Mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *