Sahabatan Itu (3)

Pondok Gede yang hangat, 27 April 2015

Sahabatan itu.. bareng-bareng dalam suka

Kalau mau ngitung kisah sukanya saya, Ade, Niken, Lilid, dan Ida itu banyak banget. Mulai dari nginep bareng lalu ngabisin makanan di kosan Lilid dan Ida (kami yakin Lilid dan Ida bahagia isi kulkasnya dikuras habis oleh kita), berenang yang isinya cuma makan disuapin Lilid lalu main gendong-gendongan di kolam renang atau sok-sokan jadi atlet renang indah atau tahan-tahanan napas paling lama, ngerjain Ida pas seminggu sebelum dia nikahan, dan masih banyak cerita suka kita yang gak jarang ngebuat kita ketawa sampe rahang mulut kram.

….dan juga duka

Sekitar tahun 2007, kita semua pergi ke Batu Karas untuk acara jurusan. Saya SMS Mama kasih tau kalau Batu Karas itu adalah pantai dan kita mau main disekitar pantai. Tapi emang karena dasarnya Mama parnoan, Mama langsung ngelarang saya main di laut, takut tenggelam katanya. Mamanya Ade ternyata juga sama parnoannya kayak Mama, Ade juga dilarang main air karena takut hal-hal berbahaya terjadi.

Saya dan Ade waktu itu lirik-lirikan dan malah langsung main banana boat. Ade duduk paling belakang, depannya saya, lalu Ida, Lilid, Niken, lalu ada satu senior kita. Ditambah Abang Banana Boatnya keliatan professional tapi kelewat semangat ngarah-ngarahin kita.

Abang: kalau saya bilang belok kiri, kalian miringan badan ke kanan ya.
Kita: Okeeee!
Abang: kiriiii!
Kita: *miringin ke kanan*
Abang: kanan!
Kita: *rusuh miringin badan ke kiri*

*beberapa menit kemudian si Abang belokin banana boat dengan tajam*

Abang: Kiriiiii!
Kita: *miringin badan ke kanan*

Dan Alhamdulillah kita gak ada yang jatoh. Begitu saya sambil ketawa-tawa nengok ke belakang, “De? Ade! Ade jatoh, Ade jatoh!”

Ternyata Ade meluncur sendirian ke laut dan kita gak ada yang tau hahaha.

Lalu setelah beberapa menit lanjut main lagi, kita kurang seimbang pas belok dan semuanya jatuh ke laut. Pas saya meluncur kedalam laut, kaki saya gak sengaja nendang sesuatu. Beberapa detik kemudian kita muncul ke permukaan.

Saya: tadi kayaknya pas jatuh gw kayak nendang apa gitu.
Ade: *muncul beberapa detik setelah saya* duh, rusuk gw sakit. Kayaknya kena balok atau apa deh.
Saya: ….

Ade langsung ngomel-ngomel karena ketendang sama saya dan parno duduk deket saya. Akhirnya saya pindah ke depan Ida. Dan beberapa detik kemudian kita jatuh lagi. Kali ini saya ngerasa pantat saya numbuk sesuatu.

Saya: *setelah muncul ke permukaan* kayaknya tadi didalam air gw kayak ngedudukin benda keras deh.
Ade: *muncul beberapa detik kemudian* kepala gw sakit. Kayaknya kepentok benda berat huhuhu.
Saya: ……

Intinya karma itu ada, Sobat-sobatku yang tercinta. Turutilah perkataan Mama, kalau tidak kamu akan terkena bahaya atau menjadi bahaya bagi orang lain.

Sahabatan itu.. punya temen penasaran bareng

Ingat kejadian malam-malam itu De dikosan?
Hehehehehe.
*lalu mimisan berdua Ade*

Sahabatan itu.. punya nama panggilan jelek

Kayak: Bang Jantan (saya), Bang Gahar (Ade), Bang Ganteng (Lilid), Bang Kuat (Ida) dan Bang Lemas (Niken. Emang, Niken selalu lemas).

Lalu yang baru dibuat hari Jumat kemarin: Panda Nungging (saya), Curut Jempol Alien (Niken), Ikan Bilis Makan Gajah (Ida), Beruang Botak (Ade), dan Itik Burik (Lilid).

Cuma Niken yang mengakui panggilan terbaru itu. Ade berusaha abis-abisan buat ngubah jadi Panda semoG (pake G katanya untuk menunjukan kedahsyatan semoknya), Ida pingin berubah jadi Putri Duyung yang kita tolak habis-habisan, dan saya yang mengajukan nama baru menjadi Panda Menggemaskan tapi sayangnya ditolak mentah-mentah sama mereka.

Sahabatan itu.. posesif

Saya mah posesif sama sahabat-sahabat saya. Apalagi kalau ada orang lain yang ngaku sahabatan juga sama sahabat saya, beuh, bawaannya pengen nyakar. Ade juga posesif tapi lebih cool dibanding saya. Hobinya nanyain kita, “kamu dimana, dengan siapa, sekarang berbuat apa? Kok mainnya sama dia gak sama Ade???”

Sahabatan itu..saling support

Mulai dari hibah cemilan dari Ade ketika saya lapar tapi duit ngepas, curhat sampai tengah malem, nginep-nginepan kalau lagi gak pengen sendirian padahal kamar kosan posisinya depan-depanan, sampai ketika saya akhirnya berangkat ke Italia buat lanjut S2.

Terharu :')

Baca dari bawah ke atas :’)

Sahabatan itu berarti punya keluarga tambahan. Tau bahwa ada orang-orang diluar sana yang selalu ada ketika saya senang walaupun sedih.

Happy birthday Ade / Dadut / Bang Gahar / Beruang Botak kesayangan aku. Ti voglio bene :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *