Cari Jodoh dan Media Sosial

Warning: Tulisan ini cuma uneg-uneg dari penulis, jadi mohon maaf kalau ada yang geer karena ngerasa disinggung.

Akhir-akhir ini pasti sangat kita sadari kalau media sosial sudah jadi bagian hubungan sosial kita. Bahkan kadang gak sedikit orang yang lebih memilih untuk berteman atau berkomunikasi via media-media sosial itu daripada berkomunikasi secara langsung. Alasan mereka terkadang karena mereka tidak pede dan lebih nyaman bila identitas mereka diwakili oleh si sosial media.

Gw pribadi adalah orang yang suka juga bermain dengan media sosial. Sejauh ini gw cukup aktif di Facebook, Twitter, dan Blog. Dan gw masih memaintain keanggotaan gw di Linkedin dan Couchsurfing.

Dan sebenernya yang mau gw uneg-unegin sekarang adalah mengenai fungsi media sosial tersebut yang tekadang disalahartikan oleh beberapa orang dan disamaratakan fungsinya menjadi media untuk cari jodoh. Jreng!

Oke, gw mulai dari Facebook. Gw udah cukup lama jadi anggota Facebook dan terus terang kenapa gw masih aja betah disana karena memudahkan gw untuk keep in touch dengan beberapa keluarga gw di Aceh dan di daerah lain, dan juga sebagai tempat silaturahmi dengan temen-temen gw yang kesebar dimana-mana (ceritanya eksis dan gaul abis. haha).

Jaman dulu di awal-awal gw punya account FB, gw selalu approve semua orang yang nge-add gw. Mau dia memang temen gw, atau temennya temen gw, atau sodaranya temen gw, atau namanya alay kayak ‘AqohYangClaluQmuSakitiDanQianati’.
Akhirnya jumlah temen gw melonjak cepet dan gw pun kewalahan, karena gak jarang orang-orang yang gak dikenal itu ngajak kenalan dan chatting. Oke, kalau kenalan secara normal gak apa-apa ya. Tapi kalau begitu kenalan udah muji-muji dan langsung nanya to the point, “udah punya pacar?” gw jadinya serem sendiri. Dan juga gak sedikit ternyata dari temen-temen unik gw itu ternyata rada freak yang akhirnya langsung gw block.

Setelah rada trauma sama Mas-mas atau Mbak-mbak (ada juga loh Mbak-mbak gak jelas) yang unik-unik itu, gw langsung memfilter temen-temen gw. Gw delete mereka yang gak gw kenal dan sampai sekarang gw gak akan approve friend request dari orang yang gak gw kenal secara pribadi, walaupun mutual friendnya lebih dari 50 orang.

Sekarang gw juga aktif di Twitter. Saking aktifnya, pernah gw iseng ga ngetwit selama beberapa hari dan temen-temen gw khawatir. Mereka kira gw kenapa-kenapa waktu itu.
Jadi waktu itu gw iseng mogok ngetwit pas gw lagi jadi au pair di Belanda. Jadilah mereka mikirnya gw lagi disiksa sama bos gw disana hahaha.
Sama protektifnya dengan FB, profile Twitter gw gembok dan gw gak akan menerima twitter request dari orang-orang yang gw gak kenal. Dan alhamdulillah karena gw cuman temenan sama temen-temen ‘beneran’, gak keulang kejadian temen-temen unik dimasa-masa suram itu.

Nah, gw juga ikutan Linkedin. Jadi kalau ada yang belum tau apa sih Linkedin, itu adalah tempat berinteraksinya orang-orang secara profesional. Jadi di profilenya pun kita bisa melengkapi dengan history career kita, apa aja sih kelebihan kita secara profesional, dan bahkan kita bisa attach resume kita disana karena di Linkedin banyak HRD-HRD berkeliaran melihat calon target orang-orang yang mau mereka hire.
Jadi intinya Linkedin seharusnya dan selayaknya dikelola secara profesional. Dan gw sedikit sebel karena ada beberapa yang menyalahartikan fungsi Linkedin menjadi tempat cari jodoh. Duh.

Gw selama ini mengapprove temen-temen gak dikenal di Linkedin karena mungkin aja dia bisa menjadi relasi gw dimasa depan atau akan membuka jalan rejeki gw. Tapi ternyata kayaknya ada yang berpikir lain.

Ada beberapa orang yang iseng mengadd YM gw (yang juga dengan bodohnya buat apaaaa gw taro di Linkedin ya) dan mulailah mereka ‘bergerak’. Ada yang jadi temen biasa, tapi ada beberapa yang iseng nyoba ngarahin pembicaraan ke arah pribadi yang ngebuat gw gak nyaman.

Dan untuk Couchsurfing, gw pake itu untuk cari ‘tumpangan’ menginap ketika gw lagi jadi backpacker dan juga sekalian cari temen. Tapi gw emang akan aktif di Couchsurfing ya hanya saat-saat ketika gw memang lagi cari tumpangan atau ada orang yang pingin numpang atau minta ditemenin jalan-jalan oleh gw.
Sempet ada Mas-mas Italia yang tiba-tiba iseng ajak kenalan tapi lucunya dia ngirimin message yang sama ke gw dan ke temen gw. Hyah bisa-bisanya iseng nyoba-nyoba kayak gitu. Hahaha.

Jadi inti dari uneg-uneg gw hari ini adalah agar kita semua bisa lebih wise menggunakan media sosial.
Gak semua media sosial pantes untuk dijadiin tempat untuk cari pasangan. Kalau emang pingin banget cari pasangan, banyak tuh situs-situs dating online atau apalah itu namanya.

Ciao! :)

4 thoughts on “Cari Jodoh dan Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *