Ramalan Jayabaya

Ini adalah Ramalan Jayabaya bagi gw dan Niken, sahabat gw.

Sebenernya ini bukan ramalan Jayabaya beneran, dan bukan ramalan yang datang dari mbak-mbak atau mas-mas tukang ramal, bahkan kita berdua gak percaya dengan ramalan. Tapi untuk term ‘Ramalan Jayabaya’ yang ini cukup membuat was-was bagi kita berdua.

Oke, kembali ke tahun 2009 awal dimana gw dan Niken masih berstatus sebagai dua mahasiswa yang sedang mengejar kelulusan di Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Lingkungan Jatinangor yang memang sangat didesain sebagai kota mahasiswa yang serba dekat kemana-mana membuat kita bebas jalan-jalan ke mall terdekat dengan hanya berjalan kaki dari kosan dan bahkan terkadang kita pergi ke Jatos (Jatinangor Town Square) itu dengan memakai pakaian tidur dan sendal jepit.

Gw dan Niken adalah ummm.. dibilang sepasang kok ya kayaknya keromantisan, dua orang sahabat yang orang-orang selalu bilang, “kalau ada Niken disana, berarti Nyanya ada dideket situ juga,” dan sebaliknya. Singkat kata, kita nyaris selalu kemana-kemana bersama walaupun kita beda kelas di kampus dan beda kosan.

Suatu hari kita berdua pergi ke toko buku di Jatos untuk mencari buku untuk bahan skripsi. Setelah muter-muter mengelilingi toko buku yang luasnya segitu-gitu aja, gw dan Niken tiba-tiba terdiam didepan satu rak buku dan gw iseng mencomot satu buku yang ternyata berjudul, ‘Ramalan dan Zodiak.’
Gw menyikut Niken, “Ken, liat deh..”

Dan memang dasarnya cewek suka iseng liat-liat tentang zodiak, jadilah kita langsung menuju bagian zodiak kita sendiri, yang mana gw adalah Pisces dan Niken adalah Aries, dan kemudian langsung kita baca bagian zodiak pria-pria yang waktu itu sedang kita taksir. Dan langsunglah kita iseng (lagi) menghubungkan kecocokan antara masing-masing zodiak itu. Setelah cekikikan sendiri dengan hasilnya, kita berdua entah kenapa mencari kolom bagian ‘ramalan masa depan pasangan Pisces – Aries’.

Intinya dua zodiak itu akan banyak perselisihan tapi saling memahami, apalagi Aries adalah tipe zodiak yang mudah melupakan sakit hati.
Kita terus membaca dan akhirnya sampai ke bagian,

…hubungan Aries dan Pisces akan berlangsung baik. Aries akan bahagia ketika suatu pagi ketika dia membuka mata orang pertama yang ia lihat adalah sang Pisces yang sedang tertidur lelap.”

Otomatis gw dan Niken langsung liat-liatan dan menutup buku itu sambil bergidik ngeri.

“Astaghfirullah amit-amit, jangan sampe beneran di masa depan kita tidur sekasur dan lo jadi orang yang pertama kali gw liat pas gw bangun, Nya! Hiiii!”
Gw: “Lo kira gw mau lo liatin pas gw lagi tidur???”

Tahun-tahun pun berlalu dan kita masih ingat tulisan di buku itu yang akhirnya kita kasih nama “Ramalan Jayabaya”, yang biasanya selalu kita jadiin bahan becandaaan yang rada horor.

Niken: “Nya, kalo seandainya gw harus nikah sama sahabat gw, mending gw nikahin lo aja..”
Gw: “Hah?”
Niken: “.. lo yang paling ngerti gw, tau cara ngehandle gw, ngapain repot-repot nyari yang lain.. Maksudnya kalo seandainya gw udah desperado banget dan emang lo bisa diubah-ubah jadi cowo..”
Gw: “Gw maunya jadi cewe, Ken.. lo kan lebih cowo dari gw..”
Niken: “Yaudah, gw jadi cowonya..”
Gw: “Tapi lo gak berjakun, gak gagah juga, bahunya gak bidang, gw gak suka..”
Niken: “Ntar gw fitness..”

*gw dan Niken terdiam*

Niken: “Hiiii… astaghfirullah! Jangan sampe Ramalan Jayabaya kejadian, Nya!!!”
Gw: “Lo gak jadi ngelamar gw, Ken?”
Niken: “Gak lah! Gila! Amit-amit!”

Sebenernya gw yakin suatu saat, entah 5 atau 10 atau 20 tahun dari sekarang Ramalan Jayabaya itu akan terjadi. Kita pasti akan bangun di kasur yang sama, tapi gak sebagai pasangan romantis ya, tapi sebagai dua wanita yang lagi liburan dari rutinitasnya sebagai istri dan ibu yang berbahagia.

“… kita harus tetep ada ‘us time’ dong Ken walaupun udah berkeluarga.. sama lo dan sahabat-sahabat kita yang lainnya. Jadi Ibu atau Istri kan bukan berarti kita gak bisa liburan sama sahabat kadang-kadang..”
Niken: “Biarin aja ya sekali-kali suami kita yang ngurus anak..”
Gw: “Iya dong..” :)

Rende, 8 Maret 2013. 22.23 CET.

Keno dan Pipau

Keno dan Pipau

2 thoughts on “Ramalan Jayabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *