Saatnya Berpisah :)

Pagi ini gw mendapatkan kabar dari seorang sahabat baik gw di Rende mengenai tanggal kepulangannya ke Indonesia, for good. Dan ketika melihat tanggalnya, gw langsung mengecek berapa hari tersisa yang bisa gw gunain untuk ngabisin waktu bareng dia.

Kedengeran posesif ya? Hahaha.

Tapi gw benci perpisahan, walaupun sebenernya setelah kita jauhan kita akan tetap dekat, bisa saling cerita, dan saling mendukung. Tapi akan ada banyak hal yang berubah. Gw gak akan dengan mudahnya mendatangi kamar dia untuk sekedar curhat atau numpang pakai kamar mandi, atau numpang makan, atau nonton film bareng.

Dan sekarang gw jadi berpikir kenapa gw gak terlalu suka sama perpisahan, karena toh sebenernya gw udah beberapa kali mengalami hal seperti itu dan ternyata semua berjalan baik-baik aja.

Ketika gw akhirnya jauhan sama sahabat gw, Niken, misalnya, gw nangis-nangis di bus bandara karena gak sempet menemui dia sebelum flight. Dan setelahnya selama beberapa hari gw masih merasa sedih karena akan ada banyak hal yang berubah. Semua kenyamanan yang gw miliki bareng dia harus sedikit diubah. Dulu gw yang bisa menelpon dia kapan aja gw butuh, menjadi gak bisa, karena international call sangat mahal. Dulu kapanpun gw ngerasa bosen di waktu weekend gw bisa dengan mudahnya ngebujuk-bujuk dia buat jalan bareng menjadi gak bisa lagi karena gw harus nunggu dia balik ke Indonesia. Itu yang dulu sering gw pikirin. Tapi akhirnya beberapa bulan setelahnya giliran gw yang ninggalin dia ke tempat yang lebih jauh. Dan lucunya, gw gak sesedih ketika Niken ninggalin gw beberapa bulan sebelumnya.

Apa jangan-jangan sebenernya gw sedih karena gw adalah pihak yang ditinggalkan, bukan yang meninggalkan?

Karena ketika kita meninggalkan seseorang atau sesuatu, kita berjalan menuju hal baru yang menarik, sehingga rasa sedih itu gak terlalu terasa. Tapi ketika kita ada diposisi yang ditinggalkan, semua hal akan berjalan sama saja tanpa ada hal baru yang bisa mengalihkan rasa sedih kita dari orang yang udah meninggalkan kita. Tentu aja semua rasa sedih itu akan berangsur-angsur hilang, tapi butuh waktu untuk membiasakan diri dengan rutinitas dan kenyamanan yang baru.

Atau mungkin gw gak suka perpisahan bukan karena jarak yang akan terbentang diantara gw dan orang yang akan pergi itu, tapi karena akan ada banyak hal yang berubah, dan kemungkinan besar KITA yang akan berubah.

Bagus kalau malah membuat kita makin dekat, tapi akan sangat sedih kalau jarak itu akan membuat kita jadi jauh.

Kalau kata Keane, “Everybody’s changing and I don’t feel the same”.

Manusia cenderung untuk berubah, entah itu terjadi secara berangsur-angsur atau BOOM! Mendadak berubah. Hahaha.

Bahkan mungkin gw pernah begitu bagi beberapa orang, gak sama lagi kayak dulu, entah dimata mereka gw berubah menjadi seseorang yang lebih baik atau buruk.

Yasudahlah, bagaimanapun akan selalu ada perpisahan dengan orang-orang yang kita sayang. Akan selalu ada momen dimana kita harus melepaskan sesuatu yang membuat kita nyaman. Dan akan selalu ada masa dimana kita harus siap mengalami perubahan, didiri kita sendiri atau orang yang kita sayang itu :)

Rende, 28 Maret 2013. 14:35 CET

6 thoughts on “Saatnya Berpisah :)

  1. akku juga benci perpisahan kak nyanya :(
    apalagi pisah sama orang terkasih ;(
    Tapi untungnya masih terjangkau dgn terbang 1,5 jam :)
    mudah2an akan ada pertemuan bahagia dibalik perpisahan yg menyedihkan itu yaaa….

  2. dulu waktu lo mau berangkat ke Italy, gw pun sempet gak mau bahas kan ? Gw bilang “Nyanya jahat, mau ninggalin gw sejauh itu” dan juga “Udah sih, gak usah diomongin soal keberangkatan Nyanya ke Italy, gw gak mau denger”
    trus lo bilang “yaelah deeee…kan gw mau sekolaaaaa, gw pengen majuuuu…”
    then I realize, I hate goodbye, but if it’s for good, mau gimana lagi ?

    and here I am lah, still wait for your homecoming day to Indonesia…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *