Apalah Arti Sebuah Nama

Angin sepoi-sepoi, sore yang super ngantuk di Rende, 8 Mei 2013.

Perkenalkan, nama saya Cut Isyana Fadhila Fadli, yang selalu ngebuat temen-temen bule nanya,
Bule: So, Fadli is your surname?
Gw: Nope, it’s my father’s name.
Bule: Which one is your surname, then?
Gw: I don’t have it.
Bule: Those 4 words are your name? Oh my!

Lalu akhirnya gw menjelaskan kepada temen bule kenapa gw gak punya surname (nama keluarga) dan bagaimana rata-rata orang di Indonesia memang gak punya nama keluarga dan si bule hanya menggeleng-menggeleng bingung.

Isyana artinya ‘ada pada waktu Isya’. Karena ‘Na’ dalam bahasa Aceh berarti ‘ada’, sedangkan Fadhila adalah bahasa Arab yang artinya ‘Keutamaan.’
Dan alhamdulillah nama tersebut jadi kenyataan, gw sering menjadi yang utama / pertama setiap ada ajakan…
Temen: Nya, hari ini gw mau masak telor balado
Gw: MAU! Oke baiklah aku datang!
Iya, gw selalu jadi yang utama dan pertama setiap ada ajakan makan gratisan (dan enak).

Dari nama gw yang panjang itu, gw punya banyak banget nama panggilan, seperti: Isyana, Syana, Insyah, Insyahwati, Ncut, Cana, Nyanya, Inyah, Nyanyah, Nyonyah, Nyunyun, Unyil, Pipi, Pipau (Pipi bakpau), GnaGna (bahasa Italia-nya Nyanya), Bule kampung, Telor, Piyik, dan NYAI.

Dan beberapa dari nama panggilan itu muncul karna ada sejarah dibelakangnya.

Alkisah diakhir tahun 2006 gw menjadi penyiar radio dan produser dalam beberapa program di radio mahasiswa di Jatinangor. Dan gw waktu itu sempat punya program malam yang selesai di jam 11 malam.

Disuatu malam yang sepi di Jatinangor, gw pulang dari studio siaran yang letaknya cukup jauh dari kosan bersama Jo, penyiar malam itu. Kita pun akhirnya menyetop sebuah angkot yang ternyata sepi, penumpangnya cuman gw, Jo, dan seorang anak kecil yang duduk di pojokan (yang kayaknya bukan tuyul karna kakinya gak melayang-layang). Gw dan Jo duduk hadap-hadapan dan sekitar 5 menit kemudian naik seorang Mas-mas tinggi besar sambil nenteng radio yang gak kalah besarnya, dan dia duduk disamping Jo, tepat dibelakang Pak Supir.

Gw yang lagi ngobrol sama Jo mendadak ngerasa diliatin sama si Mas, dan pas gw ngelirik si Mas, dia lagi ngeliat ke arah gw sambil senyum-senyum.

Mas: Akang (ngomong ke Jo), Nyai ini teh istrina Akang?
Jo: Bukan. Bukan.
Mas: (senyum-senyum lagi ngeliat ke gw) Nyai teh namanya saha?
Gw: (telen ludah) mmmmm..Dhila
Mas: Nyai sudah punya suami?
Gw: (ngelirik Jo panik, si Jo bengong ngeliat gw)
Mas: …kalau belum, saya boleh jadi pacar Nyai? He-he.
Gw: Maaf Kang, saya sudah punya calon.
Mas: di kampung?
Gw: iya.
Mas: Kalau disini mau sama saya?
Gw: (melototin Jo)

Si Mas itu lanjut senyum-senyum dan gw bertelepati sama Jo sambil pelotot-pelotan yang kira-kira kayak gini kalo diartiin:
Gw: Jo, sumpah gw takut! Lo kenapa gak ngaku jadi pacar gw???
Jo: Mana gw tau klo Mas-mas ini rada stress! Kita harus turun dari angkot!

Pas si Mas kedistrek sama lagu Sunda dari radio Pak Sopir dan nanya ke Pak Sopir tentang lagu itu, Jo langsung ngeberhentiin angkot, dan kita berdua langsung turun, gak lupa membayar dengan uang pas, lari keseberang jalanan, dan ngumpet didalam warnet.
Dan ternyata si Mas langsung turun dari angkot ikut nyeberang dan celingukan nyari gw dan Jo. Alhamdulillah dia gak inisiatif masuk kedalam warnet.

Besoknya gw cerita tentang pengalaman deg-degan ini ke temen-temen gw. Temen-temen normal gw bereaksi, “ya ampun Nya, alhamdulillah lo gak kenapa-napa. Lain kali naik angkot yang penuh, jangan pulang siaran malem-malem.”

Tapi satu sahabat abnormal gw, Ida, malah ketawa seneng banget.
Gw: Da, lo kok ketawa sih? Harusnya lo prihatin sama cerita deg-degan gw!
Ida: Hahaha! Abisnya si Masnya keren banget, Nya. Zuper! Bisa-bisanya manggil lo Nyai. Dasar Nyai Ronggeng!
Lalu si Ida lanjut ngata-ngatain gw Nyai Ronggeng seharian penuh.
Dan sejak itulah gw mendapatkan nama Nyai.

Kalau pas jaman kecil dulu gw selalu pingin dipanggil dengan nama bagus oleh temen-temen gw, semakin kesini gw ngerasa apalah arti sebuah nama. Kadang nama panggilan yang dikasih temen-temen gw memang super aneh atau super jelek, tapi entah kenapa nama-nama itu jadi semacam panggilan sayang buat gw. Dan gw yakin, list nama panggilan gw akan makin berkembang dan akan semakin aneh seiring dengan bertambahnya teman gw (yang abnormal).

Ciao!

Ida dan Nyai

13 thoughts on “Apalah Arti Sebuah Nama

    • Iya Mbak, alhamdulillah banget aku sama temen cowo. Klo sendirian gak kebayang deh gimana. Hii! Dan alhamdulillah gak pernah ketemu dia lagi -_-
      Sent from my BlackBerry® wireless device from WIND

  1. Setujuuh..
    Aku juga suka dipanggil dengan panggilan yang lain daripada yang lain.

    Buatku, itu panggilan sayang. =^^=

  2. hahahahaha..ya dan panggilan nama NYAI pun menjadi populer sampai sekarang..setiap orang di kampus langsung inget nama lo nya..walaupun dibelakangnya diberi akhiran `i`..
    tu nama spesial bgt soalnya kan semenjak tu kita semua punya panggilan kesayangan buat lilid, ade, niken, maul, mayada n gw juga..hehehehehe
    #langsung hug group#

    • Walaupun kadang ada embel2 ‘ronggeng’-nya gpp Ong, yang penting pas nanti aku pulang dimasakin ya yang enakkk.. *iyuk2 Ongong*

    • Iya memang begitu kakak mirgha..
      Mikir nama ‘jelek’ lain ah buat kakak mirghaaa..

      Sent from my BlackBerry® wireless device from WIND

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *