(5) Eurotrip: Pertamanya Praha

Praha, 9 Agustus 2013

Kita sampai Praha tanggal 7 Agustus sore dan di kota inilah kita mengalami pertamanya kita.
Pertama kali kita lebaran di KBRI, pertama kalinya Neneng (Dyah) ngelakuin hal yang ngebuat dia malu dan kita ketawa ngakak, pertama kalinya Niken minum dari sesuatu yang ngebuat dia nyesel (yang pastinya bakal) seumur hidup yang ngebuat saya dan Neneng ketawa ngakak dengan teganya, dan pertama kalinya saya ngelakuin hal yang memang udah pingin saya lakuin bertahun-tahun lalu. Semuanya gak akan saya ceritain disini karena biarlah ya semuanya jadi rahasia kita bertiga hahaha. Kecuali bagian lebaran di KBRI.

Tahun lalu saya lebaran bareng keluarga au pair di jalan tol Prancis – Luxembourg – Belanda. Sedih, sendirian, dan sedih lah intinya karena itu pertama kalinya saya ngerasa jauuuh banget dari semua orang yang saya sayang. Tapi tahun ini alhamdulillah saya bisa lebaran bareng Niken dan Neneng, dan makan makanan lebaran kumplit di KBRI. Ah bahagianya…

Nah, kita bertiga selama trip memang kebiasaan ngomentarin sesuatu atau seseorang pake bahasa Indonesia, karena toh kita kan lagi di Eropa, siapa juga yang ngerti bahasa Indo kecuali orang Indonesia sendiri. Disinilah akhirnya kita kena batunya hahaha.

Tanggal 8 Agustus kita udah bangun dari jam 5 pagi untuk siap-siap pake jilbab dan dandan rapi jali ke KBRI. Hari itu Niken dan Neneng juga pake jilbab untuk menyambut lebaran. Sungguh Masya Allah sekali lah hari itu. Setelah sekitar 30 menit naik trem, akhirnya kita sampai di Praha 5, distrik tempatnya KBRI. Kita akhirnya nanya ke beberapa orang karena memang tempatnya si KBRI gak deket sama jalan raya. Semua orang yang kita tanya itu selalu bilang, “Oh, istana putih itu ya?”
Heh? Istana?

Yasudah akhirnya kita jalan kesana sambil ngos-ngosan karna jalannya nanjaknya heboh, dan begitu sampe gerbang gede, woooh ini KBRInya kok kayak istana. Gede bener. Pantes orang-orang Praha nyebutnya istana putih.
Sama kayak semua kedutaan, pager KBRI juga punya banyak tombol. Saya, Niken, dan Neneng bingung ngeliat tombol-tombolnya.
Niken: pencet yang mana nih?
Neneng: yang itu kali.
Saya: bukannya yang itu?

Tiba-tiba ada telunjuk dari arah belakang kita yang mencet salah satu tombol. Pager kebuka dan si pemilik telunjuk, yang ternyata Mas-mas berpeci bersarung, buru-buru masuk ke dalem halaman KBRI.
Saya dan Niken mulai heboh.
Niken: Neng, kayaknya dia jodoh kamu deh..
Saya: iya Neng. Beuh, alimnya.. Cocok Neng.
Niken: demi membangun keluarga sakinah, mawadah, warahmah.
Neneng: ih apa sih
Nyanya: liat aja cara jalannya, cekatan.
Pas kita lagi heboh ngomong itu, jarak kita dan Mas-masnya cuman sekitar 3 meter.
Niken: eh, Masnya orang Indonesia bukannya? *mulai bisik-bisik*
Saya: *telen ludah* kedengeran gak ya?
Kedengeran kayaknya. Karena pas kita lagi makan-makan, Neneng beberapa kali ngegepin si Mas lagi ngeliat ke arah dia. Hahahaha. Ampun, Neng.

Di KBRI kita kenalan sama Mega, salah satu staf disana, dan dia berbaik hati mau jadi guide kita. Yey!

Shalat Ied di KBRI Praha

Shalat Ied di KBRI Praha

I miss you, foods..

I miss you, foods..

Praha itu bagi saya kota tua yang mistis romantis. Bener-bener keliatan tua, apalagi karna kita baru aja dateng dari Swiss dan Austria, dua negara yang emang maju di Eropa. Tapi Praha gak kumuh atau berantakan, cuman tua aja. Tapi cantik.

Galeri Meong

Galeri Meong

CIMG5009

Masnya, diem aja..

Masnya, diem aja..

St. Vitus Cathedral

St. Vitus Cathedral

CIMG5047

 St. Nicholas Church


St. Nicholas Church

Roti tradisional Czech yang enak banget gak boong.

Roti tradisional Czech yang enak banget gak boong.

Salah satu main attraction Praha adalah Charles Bridge, jembatan tua di atas sungai Vltava yang selesai dibangun di abad 15. Karena jembatan ini sangat terkenal, semua orang tumpah ruah rame banget di jembatan itu. Saya seharusnya dan biasanya bakal pusing dan gak betah ngeliat orang sebanyak itu. Tapi anehnya, karena pemandangannya sangat bagus, depan dan belakang kastil menjulang, ditambah banyak patung tinggi di pinggir jembatan, saya bahagia jalan di jembatan yang panjangnya 621 meter itu.

 Lesser Town Bridge Tower


Lesser Town Bridge Tower

CIMG5125

Disana ada salah satu patung bergambar anjing yang katanya sih kalo kita elus kita akan balik lagi ke Praha. Langsung saya, Neneng, dan Niken elus-elus si gambar . Kali aja kan balik lagi nanti kita ke Praha haha.

Elus-elus gambar anjing

Elus-elus gambar anjing

Habis nyebrangin jembatan Charles, kita sampe di kota tuanya. Bayangin aja, Prahanya aja udah tua, tapi masih ada kota tuanya hahaha. Disitu ada jam besar yang namanya Prague Astronomical Clock (Prague Orloj), tapi orang-orang Indonesia yang tinggal di Praha nyebutnya Jam Bego. Si Jam Bego ini selalu bunyi setiap jam dan setiap si jam bunyi itulah semua turis ngumpul didepan jam karena katanya akan ada sesuatu yang keluar dari si jam yang dibangun di abad 14 itu. Karena penasaran, kita ikutan nungguin si jam, desek-desekan sama turis lain. Akhirnya jam 6 teng si jam bunyi. Dan apa yang terjadi? Banyak patung atau sejenis itu keluar dari si jam. Ada orang yang lagi megang cermin, orang yang megang kantong emas, tengkorak hidup, dan orang megang sejenis gitar. Terus udah, selese atraksinya.

Saya: ini udahan gitu doang?
Mega (staff KBRI): lah iya gitu doang. Sampe bego kan nungguinnya? Makanya kenapa kita nyebutnya jam bego.
Hahaha.

CIMG5150

Astronomical Clock a.k.a Jam Bego

Astronomical Clock a.k.a Jam Bego

 Petrin Hill, Eiffelnya Praha


Petrin Hill, Eiffelnya Praha

Praha adalah kota yang murah, apalagi karena kursnya memang dibawah euro. 1 euro = 25 CZK (Czech Krone). Dan yang ngebuat saya makin seneng adalah karena akhirnya saya makan di K*C setelah 2 taun lamanya. Dan harganya juga murah, sekitar 9 euro kita dapet 1 ember sayap ayam dan cokes. Bahagia! *pelukan sama abang-abang penjual kaepci*
Baiklah sekarang kita lagi ada di bus bandara ke Vaclavel Havel Airport karna kita mau pindah negara ke Italia.
Ahoj!

20 thoughts on “(5) Eurotrip: Pertamanya Praha

  1. hahahahahahha…kocak, g kebayang apa yg ada dipikiran si mas2 di kbri itu haha..

    roti itu enak banget kan yaa.. jadi pengen, buat gih nya..bawa deh minggu depan ke jerman 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *