Busway yang….

Kantor di Setiabudi lantai 23, 3 Februari 2014

Jakarta oh Jakarta, kamu kenapa sih?
*jewer Jakarta*

2,5 bulan jadi mbak-mbak kantoran dan bolak-bolak balik Bekasi-Jakarta, baru hari ini saya pingin bener-bener teriak ngeliat kondisi transportasi di Jakarta. Kalau macet sih udah biasa ya, setiap hari juga macet. Tapi transportasi umumnya itu loh dan para penggunanya yang kayaknya nilai-nilai kemanusiaannya udah makin lenyap.

Saya paling males naik busway, karena selalu ada hal yang gak enak kejadian disana. Contohnya di tahun 2007 ketika saya lagi magang di BI dan harus pulang pergi naik busway, saya sempet dipepet mas-mas lalu lanjut ajak kenalan (yang saya jawab dengan muka datar, “wah Mas, maaf ya, orang tua bilang kalau saya gak boleh kenalan sama orang asing.”) dan dia end up ngikutin saya di halte busway Cililitan.

Hari selanjutnya saya diliatin dua mas-mas gondrong. Dan begitu saya turun bus mereka ngikutin saya dan sayanya langsung lari ngumpet di dalam PGC. Dan udah beberapa kali saya nyaris jatuh dari shelter busway karena semua orang berubah jadi beringas dorong-dorongan begitu ngeliat si bus mendekat ke terminal.
Meh.

Jadi tadi pagi saya terpaksa berangkat ke kantor naik busway, karena cuma itu satu-satunya opsi yang tersisa buat ke kantor setelah semaleman kemarin hujan deres dan jalanan ke arah Jatibening ketutup banjir (lagi) setinggi 1,5 m.

Begitu sampai di terminal bus, udah banyak orang ngantri dan 5 menit kemudian si bus datang. Karena si bus keburu penuh, saya harus nunggu bus selanjutnya yang saya kira bakal dateng paling lambat 15 menit setelah bus yang tadi.
15 menit, busnya gak lewat-lewat.
20 menit, mulai mikir ke kantor naik apa lagi selain busway.
25 menit, ada bus yang akhirnya jalan tapi ngelewatin shelter gitu aja.
Gila, saya digantungin sama busway. Periiih rasanya.
*nangis di pundak ibu-ibu sebelah saya*

Akhirnya dimenit ke 35 si busway muncul. Saya ngeliat kesekeliling, semua orang udah siap-siap dorong-dorongan demi dapetin bangku. Saya yang memang posisinya 2 orang terdepan, begitu masuk bus langsung dapet tempat duduk. Begitu saya duduk, ada dua Mbak-mbak yang lagi ngerebutin bangku disamping saya. Mbak 1 dan Mbak 2 ini sampe ke bangku itu bareng-bareng.
Mbak 1: *kegirangan ngeliat bangku kosong dan mulai ancang-ancang duduk*
Mbak 2: *tiba-tiba muncul dan langsung megang bangku*
Mbak 1: *badannya kepukul handbag si Mbak 2 yang banyak rantainya*Aduh!
Mbak 2: *dengan muka lempeng langsung duduk disamping saya tanpa ucapan maaf ke Mbak 1*
Mbak 2 gila! Serius ya ni orang kok bisa-bisanya gak ngucapin maaf atau apa kek setelah gak sengaja mukul si Mbak 1. Nilai-nilai kemanusiaannya kayaknya udah lenyap entah dimana. Dan Mbak 2 ini bukan contoh pertama dari banyak manusia Jakarta yang udah rada-rada lupa sama rasa tenggang rasa atau apapun itu yang berbau kemanusiaan.
Dan saya harap saya selalu bisa jadi ‘manusia’ di Jakarta walaupun dikelilingin orang-orang beringas itu.

Okay, should go back to work.
Ciao!

22 thoughts on “Busway yang….

  1. hahaha emang sadis naik transjakarta, bule. gw setahun liputan naik transjakarta. kapok sama printilan masalah di situ, akhirnya dengan berat hati ya beli motor biar gampang dan “individualis”.

    emang sih gw jd penyumbang kemacetan juga. *serba salah*

    • Jadi lo adalah salah satu orang yang nyebabin kemacetan selama ini, Om?
      *jitak*
      Tapi gpplah selama lo naik motornya normal, gak pake acara naik ke trotoar..

      • ooo tenang. kalo soal taat aturan jalan raya saya mah patuh.

        ngomongin pengalaman di transjak ya, pasti seru dah. mulai dari diliatin penyuka sejenis pas naik di benhil n turun di istora, bediri mepet2an, nungguin transjak 1,5 jam di halte PGC yang dalam, dll. Seru tapi gak mau terus-terusan. *kabooorr*

  2. Ha..ha…aku juga kalo naik busway, girang banget deh kalo lihat ada bangku kosong pas jam-jam penuh :-) Tapi untunglah aku belum seperti si Mbak 2 yang Nyanya ceritain itu :( Dan kalo nunggu di shelter, pasti aku berusaha agar bisa masuk di deretan pertama atau minimal 2 deh, tetapi tetap dengan berusaha semanusiawi mungkin sih, gak sampe kayak si Mbak no. 2…

  3. busway emang opsi terakhir buat aku juga, Nya. aku gak suka bangett, tapi ngomongin nilai kemanusiaan di jalan, sekarang rasanya Jakarta koq bukan gambarin Indonesia yang katanya orangnya ramah dan tolong menolong yaa :(

  4. hehe, tapi Buswae nya ga salah, cuma si mbak-mbaknya aja yang salah, bisa jadi disetting buat menguji kesabaran nya, atau mungkin mereka mau ditulis di blog cutisyana, dan ternyata berhasil (di tempat lain dan 2 mbak-mbak lagi ngikik baca postingan ini)

  5. Belum pernah ke jakarta. kalo jika melihat gimana jeleknya pelayanan transportasi jakarta dan dutambah tulisan nyanyak yang ini, kayaknya guwek 10 kali lebih milih keliling Bangkok daripada jakarta. Sorry to say, hihiiiii…

  6. Lho, dirimu di tinggal di Bekasi ya Cut? wah kapan2 bisa Kopdaran dunk! *OOT.
    Saya jarang naik busway, dulu banget, wkt busway masih baru beroperasi, masih nyaman, tapi sekarang udh bar2 banget ya, sulit rasanya menemukan ‘manusia’ di belantara Jakarta yang tak pernah ‘mati’.
    Untungnya sekarang saya pindah ke Bandung, walau macet, tapi sesama pengguna lalu lintasnya masih berasa ‘kesabaran’nya.

    • Loh kakak di bekasi sebelah mananya? Aku di Pondok Gede.. yuk kapan-kapan ketemuan..

      Iya, manusia jakarta banyak yang udah lupa jadi manusia :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *