Mulai Diet Mayo

Pondok Gede, 25 Mei 2014.
11.25 WIB

Jadi ceritanya pagi tadi sekitar jam 9 saya berikrar dan bersumpah setia untuk mulai melakukan diet mayo setelah melihat kesuksesan Bonbon menurunkan berat badan sebanyak 7 kg. Trigger kenapa saya akhirnya beneran diet, selain udah nyaris 3 minggu olah raga teratur, adalah berat badan saya yang naik (tanpa turun) terus dan Mama yang selalu bilang, “Nyanya gendut deh. Diet gih.” Ihik. Mama, teganya..

Badan saya juga sebenernya belum besar gimana gitu. Kalau duduk diangkot juga masih bisa nyempil-nyempil dan hitungannya belum 2 orang. Dan di hitungan BMI juga masih masuk taraf normal, walaupun kalau saya naik beberapa kg lagi saya akan terhitung overweight. Meh. Tapi pipi saya gak pernah bohong. Dia makin mengembang seiring dengan bertambahnya waktu. Apalagi saya kan pakai jilbab ya, jadi keliatan banget lah bundarnya pipi itu.

Nah diet mayo sendiri sebenernya adalah food combining sekaligus pengaturan kadar garam tubuh. Makanya selama diet 13 hari ini saya gak bisa makan garam dan harus banyak minum air, 2 liter sehari. Kalau sukses menjalani diet yang cuma boleh dilakukan setahun sekali ini, berat saya akan turun 5 – 10 kg (AAMIIN YA ALLAH!) dan untuk selanjutnya berat badan akan stabil asal saya makan di hari ke 14nya gak lebay.

Kata Mama, “Nyanya turun 10 kg lah ya..” sambil ngeliatin saya dari ujung rambut sampe ujung kaki, yang saya balas, “Ma, ceking itu mah ntar Nyanya-nya.”

Mama lanjut ngeliatin sambil menimbang-nimbang, “yaudah beratnya balik aja kayak pas kuliah dulu.”

Maksud Mama tuh pas saya kuliah di Unpad. Jadi berat badan saya, kita sebut saja dengan X, pas jaman SMA dan di Unpad selalu konsisten di nilai X. Begitu saya kerja di perusahaan biskuit jadi X+2 karena saya rajin ngemil biskuit dan juga kan namanya kerja kantoran ya jadi banyakan duduk didepan meja.  Begitu saya ke Italia, berat badan saya naik jadi (X+2)+3 di tahun pertama. Mweee! Kalau dulu sih alesannya, “kan lagi winter, jadi harus makan terus biar gak kedinginan.”

Lalu pas summer tahun depannya turun lah dia ke X karena saya kerja jadi au pair dan sibuk ngejar si Phil di taman, gendong si Is, dan beres-beres rumah majikan. Tapi begitu balik ke Italy lagi, kembalilah berat si (X+2)+3. Dan alesan saya kembali sama, “kan winteeeer.” Hayah.

Tahun depannya pas lagi heboh-hebohnya pingin diet, temen saya, Hudi, message saya mengenai artikel OCD yang ternyata lagi heboh di Jakarta. Hudi ikutan, saya juga ikutan. Hudi makin singset, saya juga. Lumayan berat saya turun jadi X+2. Tapi jeleknya, kalau saya bandel dan gak OCD 2 hari aja, berat saya langsung naik ke (X+2)+2. Dan karena berat saya jadi yoyo gitu, saya stop OCD dan kembalilah saya ke Indonesia.

Jeng jeng.

Indonesia gitu, sate padang gitu, mie aceh, ketoprak, gado-gado, ayam penyet, gorengan, nasi uduk. Saya kalap. Si berat badan juga kalap naiknya jadi ((X+2)+2)+5! Broooh!

Jadilah Mama setiap nonton tv bareng saya sambil ngeliatin penuh cinta (alah!), bilang, “Nyanya genduuut!”. Dan tadi begitu saya gembor-gemborin mengenai diet ini dan menunya, Mama langsung setuju dan akan support saya dengan memasakkan makanan non garam. Hihi.

Mohon doa restunya ya Teman-teman agar dietnya sukses dan berat saya kembali ke X.
Terima kasih banyak dan sampai jumpa di hari ke 13.

image

36 thoughts on “Mulai Diet Mayo

    • Wahahaha. Iya, Mbak.. biar berat badan aku balik yang kayak 4 taun yang lalu soalnya..
      Semangat Nyanya! 😀

    • Belum gendut juga sih sebenernya Ta ahaha.. tapi klo gak diatur makannya bisa gendut. Iya, aku rajinin olah raga sekarang kok ahaha.. makasih Taaa..

    • Hai hai salam kenal juga.. gak keliyengan sih sebenernya dietnya, karena menunya ternyata banyak. Apalagi gw ngikutin menu yang ada kentangnya haha. Sejauh ini sih gw pasti laper jam 11 siang sama 5 sore. Sisanya biasa aja 😀

    • Hai Mbak Dian. Makan pagi sekitar jam 6 / 7 (sebelum berangkat beraktivitas aja). Siang sekitar jam 12. Dan malam sebelum jam 6 malam :)

  1. Mba nyanya, salam kenal. Mau tanya itu kentang rebus ada di hari keberapa mba, trus keju trim itu apa yah mba ,, aku mau praktekin tp bingung dg menu keju trim n saus mentega tanpa garam,l tq sblmnya mba nyanya :)

    • Hai Mbak Nursie.. jadi keju trim itu keju yang potongannya tipis2 (mereknya bisa kra*t) tapi pilih yg rendah lemak aja. Nah untuk mentega kan ada tuh yg bentuknya balok. Pilih aja yg non salt. Good luck ya 😉

    • Hai Mbak Eka, waktu itu saya turun 5 kg. Tapi 2 bulan kemudian naik lagi 2 kg karna lebaran dan makannya banyak hehe. Kenapa gak yakin Mbak? Pasti bisa kalo bener ngejalaninnya 😉

  2. hy mb nyanya salam kenal yaa, mau tanya dong klo pas diet mayo makannya pakek saos sambal bisa gagalin dietnya gak yaa mb ?? thx sebelumnya :)

    • Hai nanda.. salam kenal juga. Kayaknya lebih baik gak pake saos sambal dulu deh.. kan di saos ada garemnya. Selamat diet yah 😀

    • Klo yang saya baca2 sih menu antara di Mayo Center USA sama di Indonesia memang rada beda. Kayaknya disesuaikan dengan makanan masing2 negara yah. Tapi di forum2 diet mayo di Indo, menunya sama semua.. kayaknya udah disesuaikan dengan kandungan protein, karbo, dan lainnya yg dibutuhin sama tubuh deh. Jadi lebih baik diikutin aja menunya 😀

  3. hai cut..

    salam kenal, saya juga lagi diet mayo hari ke-4 nih.. kesana- kemari cari referensi menu biart gak bosan aja, karena makan ayam kukus tak bergaram itu bisa bikin mabuk kepayang.. hahahahaha

    thank you for sharing yaaa

  4. Mbk..klo lg diet mayo, boleh gak ya mbk menahan lapar dg minum susu rendah lemak dicampur out meal.
    Kalo makan buah dlm porsi byk utk cemilan jg gak mslh ya mbk?tq

    • Kalau yang dari saya baca di website2 tentang Diet Mayo, kita cuma boleh konsumsi menu Diet Mayo yang diberikan. Jadi gak boleh minum susu rendah lemak. Boleh sih makan buah tapi porsinya sedikit saja itu juga kalau sudah laper banget..

  5. Hay mba nyanya, sy juga nih lg ikut diet mayo…sy msh bingung sm roti? Nah pmbuatan roti tu kan pst ada kandungan garamny..gmna ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *