Donat Madu dan Mbak Nur

Depok yang hujan terus, 1 Maret 2019

Tentang donat madu.

Ada yang tau donat madu? Terus terang saya baru tau ada variasi lain donat selain donat abang-abang, donat mahal dankin donut, dan donat kentang pas saya lagi main ke Bogor pas jaman pacaran sama Masnya. Lalu setelah saya pindah ke Depok, ketemu lagi sama donat madu di deket rumah. Pingin beli, tapi kayaknya mahal. Kan tengsin udah nanya-nanya tapi gak jadi beli. Begitu akhirnya beneran mau beli, eh donatnya abis. Gak jodoh bener deh.

Tentang Mbak Nur.

Mbak Nur ini asisten kedua saya di Depok. Asisten yang pertama cuma bertahan sebulan, lalu dia mengundurkan diri. Tapi bukan gara-gara saya siksa, setrika punggungnya, siram air panas, atau suruh bolak-balik benerin genteng ya. Dia resign karena TBC.

Mengapa pas interview gak bilang kalau ada TBC, Buuuuu.

Sebulan tanpa asisten, rumah saya udah ketutupan debu dimana-mana, atap miring, galon warnanya berubah jadi ijo, wastafel kerakan, WC udah ada singanya saking jarangnya dibersihin. Maklum ya, Mamak sulit bebersih kalau digelendotin bocah terus-terusan. Akhirnya Masnya deh yang turun tangan bebersih tiap weekend.

Tapi tetep aja saya butuh asisten.

Sampai suatu hari saya cerita sama Bude yang jual lauk di depan rumah dan Bude bilang ada kandidat. Beberapa hari kemudian Bude bilang ke saya kalau calonnya akan ke rumah sore itu.

Lalu munculah Mbak Nur yang dulu saya pikir orangnya pemalu, tapi ternyata malu-maluin hahahaha.
Mbak Nur saya interview basa-basi dan akhirnya bismillah saya memutuskan untuk kerja sama dengan Mbak Nur.

Baru beberapa hari kerja sama dengan Mbak Nur saya ngerasa cocok. Kerjanya bagus, kalau nyapu aja gagah bener. Inisiatifnya tinggi, gak perlu saya minta tolong ini-itu udah dikerjain. Jujur. Jujur banget malah kadang. Kayak pas interview kan saya bilang kalau rumah saya gak gede, jadi gak akan ngabisin banyak waktu bersihinnya.
Mbak Nur: segini aja, Bu, rumahnya?
Saya: eh? Iya, Mbak.
Mbak Nur: Kecil yaa.

Ingin rasanya ku menjeburkan Mbak Nur ke kali terdekat.

Tapi yang paling seru adalah, Mbak Nur bisa jadi temen cerita. Mungkin karena usia kita hampir sama, jadi enak diajak ngobrol. Kadang kita cerita hal-hal remeh, kadang Mbak Nur curhat. Kadang saya jadi Nyanya Teguh. Kadang Mbak Nur kesel sama saya karena saya bolot, gak nangkep dia ngomong apa. Ya lagian ngomong cepet bener dah hahaha.

Oiya, satu lagi yang ngebuat saya betah sama Mbak Nur, keluarganya baiiiik. Waktu itu pas Dinda, anak ke-2 Mbak Nur ulang tahun, saya datang pagi-pagi ke rumah mertua Mbak Nur buat kasih kado duluan karena saya gak bisa datang ke acaranya. Begitu pulang ke rumah, saya dan Masnya dikasi bekel banyak bener. Belum lagi pas lamaran adik ipar Mbak Nur, kami tiba-tiba dikirimin makan siang dan makan malem. Alhamdulillah.

Tanggal 21 kemarin saya ulang tahun dan anniversary pernikahan. Alhamdulillah Masnya so sweet bener ngajakin jalan-jalan. Awalnya diajakin trip ke beberapa kota di Jawa Barat naik mobil. Tapi kok ya kasian Masnya. Nanti bukannya santai-santai, dia malah kayak supir Angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi. Jadilah saya ngajak dia ke Puncak aja, istirahat sambil jalan-jalan lucu ke Taman Safari (I’ll update the story on the next post(s)). Mbak Nur libur deh dari Kamis sampai Sabtu, karena Minggu Mbak Nur libur.

Seninnya Mbak Nur saya minta datang siang karena ada tukang pompa. Jam 12 kurang, Mbak Nur whatsapp, “Bu, saya kesana ya.”

Saya jawab, “Oke, Mbak.”

10 menit, 15 menit, saya tunggu kok gak sampe-sampe. Padahal Mbak Nur biasanya secepat kilat kalau jalan. Apalagi rumahnya gak begitu jauh.

20 menit. Regan yang awalnya nongkrong di jendela buat nungguin Mbak Nur udah bosen dan mulai lompat-lompat di atas kasur.

30 menit. Akhirnya Mbak Nur sampai! Ya ampun, hampir aja saya pikir dia nyasar saking lamanya libur kerja.

Pas saya buka pagar, kok Mbak Nur megang kresek kue.

Saya: Lah, kenapa Mbak yang bawa oleh-oleh? Kan saya yang abis jalan-jalan.
Mbak Nur sambil mesem-mesem: Selamat ulang tahun, Buuu! Tadi saya beli donat madu dulu buat Ibu. Pulangnya jalan kaki dari depan komplek makanya lama.
Saya speechless: Waaaah…
Mbak Nur: … awalnya saya mau beliin yang ada tulisan selamat ulang tahun. Tapi ternyata harus dipesen seminggu sebelumnya. Jadi ini aja ya, Bu.
Saya: Makasih, Mbak! Saya udah lama banget pingin donat madu tapi belum kesampaian.

Seneeeeng banget saya siang itu. Bukan cuma karena donat madu atau kadonya. Tapi karena Mbak Nur yang ngasih donat madunya.

Terima kasih banyak, Mbak, untuk donat madunya, kerja kerasnya, ketabahannya menghadapi saya, suami saya, dan Regan yang kadang buat encok. Semoga rejeki Mbak Nur sekeluarga makin lancar. Dan semoga Mbak terus bahagia :)

Yang ungu enak banget!

Yang ungu enak banget!

 

Enyak!

Enyak!

2 thoughts on “Donat Madu dan Mbak Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *