Assalammualaikum Una

Depok, 23 September 2018

Assalammulaikum Una,

Ini Onti Nyanya, teman seperjuangan di kantor Ibu sejak bertahun-tahun yang lalu. Onti nulis surat ini dengan harapan mungkin suatu hari nanti Una bisa membacanya.

Una, Onti mau ceritain perjuangan hebat Ibu dan Papa untuk bisa ketemu sama Una. Dan bagaimana mereka sayang sekali dengan Una, bahkan sebelum Una hadir di rahim ibu.

Una, ketika Una gede nanti Una akan mengerti kalau gak semua hal yang Una pinginin bisa langsung dikabulkan Allah SWT. Ada beberapa orang yang perlu banyak kerja keras, banyak berdoa, banyak bersabar, dan banyak ikhlas baru keinginannya terkabulkan. Seperti Ibu dan Papa menginginkan Una.

Onti waktu itu satu tim sama Ibu di perusahaan bubur bayi. Sebelumnya pernah setim juga di perusahaan lain. Satu hal yang Onti suka dari Ibu, Ibu itu gak bossy, guru yang baik kalau Onti lagi nge-hang otaknya, dan selalu menerima ide Onti yang aneh-aneh. Tapi satu hal yang buat Onti serem sama Ibu adalah kalau Ibu lagi bad mood. Aura bad moodnya menguar sampe ke meja Onti yang bahkan beda ruangan sama Ibu hahahaha.

Ibu Una adalah pekerja keras, sukanya lembur (eh, suka gak, Bu? Hehe). Prestasinya banyak di kantor. Tapi saat itu Ibu juga lagi berusaha keras buat bisa ketemu Una. Usaha Ibu dan Papa gak cuma sebulan – dua bulan, tapi beberapa tahun.

Onti inget dulu Ibu pernah tiba-tiba bilang ini, “Nya, aku kerja sama bayi tapi akunya belum ada anak. Aku tiap hari liatin foto bayi.. Kapan ya?”

Ibu ngomongnya sih sambil nyengir santai, tapi Onti tau Ibu udah kangen Una banget.

Beberapa kali Ibu ambil cuti panjang untuk IVF dan prosedur lainnya demi ketemu Una. Selama itu juga Ibu harus bolak-balik RS, suntik sana-sini buat cek macem-macem, diet kopi yang susah banget buat Ibu, dan nyuntik diri sendiri setiap hari. Ibu bilang itu sakit, tapi Ibu gak apa-apa. Ibu hebat ya, Una?

Onti inget, waktu itu Ibu lagi cuti panjang untuk ke beberapa kalinya. Sore itu ibu dijadwalkan ketemu Obgyn untuk cek darah. Kalau positif, berarti Una udah ada di rahim di Ibu. Onti yang masih lembur di kantor bareng temen-temen Whatsapp Ibu tanya gimana hasilnya. Ibu bales, “belum positif, Nya :(.”

Onti langsung ngabarin temen-temen di ruangan dan kita nangis bareng huhu. Kapan ya Ibu bisa ketemu Una?

Sampai akhirnya Ibu coba ke RS di Penang. Kata Ibu disana banyak yang berhasil program IVFnya. Onti seneng dengernya dan ikut mendoakan agar Ibu berhasil. Tapi ya Una, ditinggal Ibu cuti lama (biasanya 2-3 bulan) buat Onti dag dig dug di kantor. Manalah waktu itu bos marketing lagi gak ada. Onti deh yang tiap pagi dicariin sama Pak Big Boss. Sampe Onti lagi pipis aja dicariian. Huwaaa! Onti inget banget, Onti jadi rajin banget solat dhuha biar dilancarin meetingnya dan gak diomelin hahahaha.

Trial Ibu di Penang yang pertama belum berhasil ternyata karena ada sesuatu yang kurang. Tapi Ibu dan Papa tetap gak menyerah loh, Una. Mereka coba lagi dan lagi. Sampai akhirnya tanggal 26 Desember 2017 Ibu kirim chat ini ke group Whatsapp.

Alhamdulillah

Ya Allah, alhamdulillah. Onti terharuuuu banget bacanya. Akhirnya Una dateng juga, Nak! Dan alhamdulillah tanggal 31 Agustus 2018 Una beneran bisa pelukan sama Ibu dan Papa.

Una, tolong cintai Ibu dan Papa sepenuh hati ya. Karena Ibu dan Papa udah sayang dengan Una bahkan sebelum Una ada di rahim Ibu.

Kalau Una suatu hari agak sebel sama Ibu dan Papa, inget aja kalau Ibu dan Papa gak pernah bermaksud membuat Una sebel atau sedih. Mereka sayang Una dengan sepenuh hati.

Kalau suatu hari Una ngerasa apa yang Una jalanin berat dan Una mau putus asa. Inget perjuangan Ibu dan Papa ya. Mereka pejuang, Una pasti juga pejuang.

Semoga Una tumbuh menjadi perempuan cantik lahir dan batin.

Love,

Onti Nyanya

Una-nya Ibu dan Papa. Foto dicuri dari FB Ibu tanpa ijin

 

2 thoughts on “Assalammualaikum Una

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *