Cepat Sembuh dari Pasca Operasi Caesar Yuk!

Depok yang sepoi-sepoi, 9 Januari 2018

Ceritanya saya mau share beberapa tips gimana cara cepet sembuh pasca operasi caesar. Sotoy banget padahal baru caesar sekali hahaha. Tapi alhamdulillah banget saya tergolong cepat recovery-nya setelah operasi. Dan banyak sodara dan temen yang gak percaya kalo badan saya udah baik-baik aja dalam jangka waktu singkat.

Jadi ini beberapa hal yang saya lakukan kemaren.
1. Pasrah dan Ikhlas terhadap apapun keputusan medis. Saya sebenernya pingin banget bisa lahiran normal, tapi karena ada beberapa hal yang gak memungkinkan, yaudah caesar lah jalan terbaik. Saya juga bukan tipe yang ngoyo harus normal. Saya percaya apapun saran medis dari Dokter pasti yang terbaik. Siapalah saya yang cuma sarjana komunikasi mau sotoy sama yang sarjana kedokteran.

Nah karena saya sudah ikhlas sama cara caesar ini, saya jadi ngerasa lebih plong. Tinggal bismillah dan berserah diri ke Allah SWT agar operasinya berjalan lancar.

2. Pilih dokter kandungan yang bagus dan bisa dipercaya. Ini penting loh. Dulu saya sampe pindah ke 4 dokter baru akhirnya memilih Dokter Taufik Jamaan sebagai dokter kandungan saya. Kenapa harus Dokter Taufik?

Karena, pertama, direkomendasikan sama temen. Kedua, beliau komunikatif dan saya tidak pernah merasa ‘bodoh’ didepannya. Tau kan calon ibu-ibu mah apa aja ditanyain buat sekedar make sure kalau apa yang dilakukan bener. Nah, jadilah saya sering banget nanya hal-hal dong-dong ke Dokter Taufik. Dan beliau menanggapi dengan santai tapi serius loh.

Ketiga, cari tau referensi tentang Dokter tersebut. Googling sebanyak mungkin. Keempat, percaya sama sang Dokter. Yakin kalau beliau yang akan berjuang menyelamatkan saya dan bayi saya di ruangan bersalin.

3. Jangan terlalu kepo googling tentang efek jelek operasi caesar kalau gak mau panik menjelang operasi.

4. Rajin latian jalan setelah operasi. Pas sebelum saya tau akan caesar, saya banyak denger tentang lamanya recovery. Malah ada yang bilang dia baru bisa jalan setelah 3 bulan operasi. Buset. Gara-gara cerita-cerita itu saya malah jadi termotivasi biar cepet recovery.

Saya selesai operasi jam 1 siang dan baru keluar dari ruangan observasi jam 6 sore. Pas di observasi itu, saya dapat ijin dari suster untuk mulai latian gerak. Dimulai dari miring-miringin badan. Oke, keciiiil. Pikir saya dulu. Ternyata susah, Kak, hahahaha.

Begitu di kamar inap, suster minta saya pelan-pelan belajar duduk. Walaupun masih nyeri-nyeri sedap dibagian jaitan, yaudah saya bismillah aja karena saya gak mau 3 bulan baru bisa jalan. Hih, kapan ke mallnya kalau begitu?

Besok siangnya, saya yang udah bisa miring dan duduk, nanya ke suster udah bisa belajar jalan belum. Jawabannya, boleh tapi hati-hati ya. Yihaa! Walaupun jalannya agak bungkuk dan pelan banget kayak orang yang udah gak pup seminggu tiba-tiba kebelet pup, saya berhasil jalan!

Saya latiannya ditemenin sama Masnya dan cuma beberapa meter aja. Begitu kerasa cape, istirahat deh. Intinya jangan dipaksain.

Oiya, pas lagi latian jalan itu tiba-tiba papasan sama Kakak Ipar saya yang mau jenguk. Dia langsung panik, “ya ampun Nyanya, ini kok udah jalan? Bener gak apa-apa? Mbak jadi ngilu ini.” Hahaha.

Hasilnya, begitu keluar dari RS (hari ke 4) saya udah bisa melenggang dengan bahagia deh.

5. Konsumsi putih telur banyaaaaaak! Karena kandungannya bisa membuat luka operasi cepet sembuh. Saya harus makasih banget ke kakak ipar, Mbak Eva, yang tiap hari selama saya di RS ngebawain putih telor sampe ada kali 7 butir.

6. Terakhir yang terpenting: know your limit. Ini penting banget. Jangan gara-gara pingin cepet pulih malah terlalu di push latian duduk, jalan, dan lainnya. Saya biasanya sebelum ngelakuin hal baru tanya dulu ke Dokter, boleh gak. Misal mau latihan jongkok, gendong bayi, dan lainnya.

Kayaknya itu saja yang saya lakukan beberapa bulan yang lalu. Walaupun sampe sebulanan lebih punggung saya sempet ngilu setiap kelamaan bungkuk, sekarang alhamdulillah udah aman sentosa. Gendong bayi 8 bulan yang beratnya 9,5 kg pake satu tangan juga hayuk.

Buat Temen-temen yang sebentar lagi HPL, semangaaaat! Apapun keputusan kamu, mau caesar atau normal, semua adalah buat kebaikan kamu dan bayi tercinta. So choose wisely dan dengarkan pendapat ahli medis.

Ciao!

hahahahaha!

2 thoughts on “Cepat Sembuh dari Pasca Operasi Caesar Yuk!

  1. Hai Nyanya si kecil umur 8 bln? ga beda jauh dg anak keduaku skrg 10 bln. Aku 2x sesar. Klo pertama dokternya maksa aq harus sesar krn katanya aq kecil bayinya besar takut nyangkut ga bsia keluar. Trus pas anak kedua aq pengen normal, 2 hari lewat hpl baru ke rs lagi. Sdh sakit banget semalaman di rumah lah ko ternyata baru bukaan 2, kan sampai 10 ya.. ya udahlah aq minta sesar aja haha ..

    klo anak pertama lama pulihnya sampai 3 minggu baru bisa lari ngejar bus, nah pas anak kedua cepat pemulihannya, dalam seminggu aq sdh bisa jalan2 sendiri ke pusat kota, walau jalannya spt siput haha 😀 .

    Tips makan putih telur aq baru tahu 😉 .

    • Ya apun, Mbak Nella.. ternyata aku sudah lama banget gak ngeblog dan blog walking. Perasaan Benjamin masih bayi saja, eh sekarang ternyata sudah ada Lisa Marie :)) She’s soooo cute. Congrats ya, Mbak. Iyaa, putih telur bisa membantu mengeringkan luka. Bahkan tiap pagi di RS tempat aku melahirkan kemarin selalu disediain telur rebus..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *